jurusan perpajakan

Jurusan Perpajakan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Kamu mungkin udah nggak asing lagi dengan istilah pajak, ya? Di Indonesia sendiri, pajak memiliki peran penting dalam hal pembangunan ekonomi. Oleh karena itu, diperlukan orang-orang yang ahli di bidang perpajakan. Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas secara ringkas seluk beluk mengenai jurusan Perpajakan. Langsung aja yuk kita simak! 

Baca Juga:

Jurusan Bahasa dan Budaya Korea

Jurusan Manajemen

Jurusan Hubungan Internasional

Apa Itu Jurusan Perpajakan?

Jurusan Perpajakan merupakan program studi yang mempelajari segala hal tentang pajak. Banyak sekali aspek yang akan dipelajari nantinya. Mulai dari segi hukum, ekonomi, hingga perhitungan atau akuntansinya. Jurusan Perpajakan memang masih belum tersedia di banyak perguruan tinggi. Umumnya, jurusan ini mengacu untuk program vokasi (diploma). Nah, untuk tingkatan S1 sendiri, jurusan Perpajakan lebih dikenal dengan sebutan Administrasi Fiskal. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Perpajakan

Selama menempuh pendidikan di jurusan ini, kamu akan belajar tentang jenis-jenis pajak, baik pajak pusat maupun daerah. Selain itu, kamu akan mengetahui apa aja kewajiban dan hak wajib pajak bagi individu maupun organisasi, mengetahui pengelolaan pajak, melakukan pengawasan dan pemeriksaan pajak, sampai membuat laporan pajak dan keuangannya.

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Perpajakan:

1. Pengantar Perpajakan

2. Administrasi Perpajakan

3. Akuntansi Perpajakan

4. Perencanaan Pajak

5. Penagihan dan Peradilan Pajak

6. Pemeriksaan Pajak

7. Pajak Penghasilan Orang Pribadi

8. Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

9. Pajak Pertambahan Nilai

10. Pajak Internasional

Di sini, kamu akan dilatih untuk menjadi pribadi yang teliti, tekun, dan memiliki daya analisa yang tinggi. Gimana, enggak? Kamu akan berkutat dengan banyak angka dan data nantinya. Jadi, harus benar-benar fokus dan nggak boleh salah dalam membuat laporan. Eits! Tapi, kamu nggak perlu khawatir akan menghitung angka-angka itu secara manual, ya. Kamu juga akan dibekali dengan beberapa software komputer untuk mendukung pembelajaranmu. 

Prospek Kerja Jurusan Perpajakan

Lulusan Perpajakan sangat dibutuhkan oleh pemerintah maupun perusahaan. Enggak heran kalo jurusan ini punya prospek kerja yang bagus dan luas. Kamu bisa bekerja di Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Badan Kebijakan Fiskal, maupun perusahaan swasta.

Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Perpajakan:

1. Ahli pajak di suatu perusahaan

2. Konsultan pajak

3. Akuntan

4. Auditor


Nah, itu dia beberapa informasi yang bisa kamu ketahui seputar jurusan Perpajakan. Apa kamu jadi tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Ingat, jangan asal dalam memilih jurusan, ya. Pilih yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Kalo udah mantap, tinggal usaha yang maksimal supaya bisa lolos di ujian nantinya. Oke? Semangat meraih mimpi, guys!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *