jurusan manajemen

Jurusan Manajemen: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang berminat untuk masuk ke jurusan Manajemen di kuliah nanti? Mungkin banyak di antara kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, ya. Jurusan Manajemen memang merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa dari tahun ke tahun. Alasannya karena jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus dan peluang karir yang cukup besar nantinya. Nah, bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, yuk, simak artikel berikut untuk tau lebih banyak seputar jurusan Manajemen, hal-hal yang dipelajari, serta prospek kerjanya.

Baca juga:

Jurusan Agroteknologi

Jurusan Kedokteran Gigi

Jurusan Pendidikan Dokter

Apa Itu Jurusan Manajemen?

Jurusan Manajemen merupakan program studi yang mempelajari tentang cara mengelola dan mengatur kegiatan perusahaan atau korporasi untuk mencapai target (tujuan). Nah, kegiatan perusahaan ini bisa berupa strategi bisnis, kebijakan manajemen perusahaan, manajemen produksi, pengelolaan karyawan, dan lain sebagainya. Jadi, bisa disimpulkan kalau jurusan Manajemen erat kaitannya dengan bidang ekonomi dan bisnis, ya.    

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak hal terkait dunia ekonomi dan bisnis. Kamu juga akan belajar gimana caranya mengelola atau memanajemen suatu perusahaan dengan baik. Dari segi struktur organisasi perusahaan, operasional, finansial (keuangan), dan masih banyak lagi.  

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Manajemen:

1. Pengantar Teori Ekonomi

2. Pengantar Bisnis

3. Manajemen Strategis

4. Manajemen Pemasaran

5. Manajemen Sumber Daya Manusia

6. Manajemen Keuangan

7. Analisis Optimasi

8. Akuntansi Manajemen

9. Studi Perencanaan dan Kelayakan Bisnis

10. Perilaku Konsumen

Tentunya, di jurusan ini kamu akan dilatih agar memiliki kemampuan leadership dan enterpreneurship yang tinggi.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen

Pada dasarnya, setiap perusahaan pasti perlu seseorang yang memiliki kemampuan manajerial. Nah, dari sinilah para lulusan jurusan Manajemen dibutuhkan. Oleh sebab itu, peluang karir jurusan Manajemen sangat luas karena bisa mencakup segala jenis bidang. Mulai dari lembaga dan instansi pemerintahan, perusahaan swasta, sampai menjadi seorang wirausaha.

Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Manajemen:

1. Manajer

2. Marketing Executive

3. Market Researcher

4. Konsultan Manajemen

5. Event Planner/Organizer

6. Wirausaha (Entrepreneur


Wah, menarik banget nggak, sih? Jadi semakin yakin nggak nih untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Tenang, kamu nggak perlu khawatir kalah saing dengan yang lain. Kamu pasti bisa, kok! Asalkan, kamu benar-benar persiapkan diri semaksimal mungkin untuk ujian seleksi masuk perguruan tinggi nanti. So, jangan patah semangat belajar, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *