Categories: Info Kampus

Jurusan Manajemen Perhotelan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Indonesia dengan beragam keindahan alamnya membuat banyak sekali tempat yang bisa dijadikan lokasi wisata. Oleh karena itu, sektor pariwisata pasti akan terus berkembang seiring waktu. Hal ini, tentu menyebabkan prospek kerja di sektor pariwisata cukup bagus dan menjanjikan. Banyak sekali jurusan yang memberikan bekal buat kamu yang tertarik terjun di dunia pariwisata. Salah satunya adalah jurusan Manajemen Perhotelan. Yuk, cari tau segala hal seputar jurusan Manajemen Perhotelan di artikel berikut ini! 

Baca Juga:

Jurusan Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Pariwisata

Jurusan Akuntansi

Apa Itu Jurusan Manajemen Perhotelan?

Jurusan Manajemen Perhotelan merupakan program studi yang fokus mengembangkan dan menerapkan ilmu-ilmu seputar perhotelan (hospitality). Mulai dari perencanaan, operasional, produksi, pengawasan, sampai pengelolaan jasa penginapan. Nah, kamu perlu tau nih, jurusan ini sedikit berbeda dengan jurusan Perhotelan, ya. Di sini, kamu juga akan dibekali dengan ilmu manajerial dan ekonomi. Jurusan Manajemen Perhotelan tersedia dalam program vokasi (D3/D4) dan sarjana (S1).

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Perhotelan

Mahasiswa jurusan Manajemen Perhotelan umumnya akan belajar cara mengelola bisnis perhotelan. Jadi, udah pasti kamu akan mendapat ilmu seputar manajemen bisnis. Selain itu, kamu juga akan belajar banyak dari segi operasional hotel. Kamu akan merasakan pengalaman kerja di semua bagian perhotelan, mulai dari front office, housekeeping, tata boga, patiseri, katering, dan masih banyak lagi. 

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Manajemen Perhotelan:

1. Pariwisata dan Kebudayaan

2. Front Office Operation

3. Manajemen Makanan dan Minuman

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

5. Manajemen Divisi Kamar

6. Manajemen Keuangan

7. Manajemen Pemasaran

8. Tata Graha dan Binatu Hotel

9. Teknik Supervisi

10. Bahasa Asing

Oh iya, jurusan ini biasanya menyediakan program peminatan, loh. Umumnya ada pengelolaan kantor depan (front desk), produksi makanan dan minuman (food and beverage), manajemen tata graha (housekeeping), pemasaran (sales and marketing), dan sebagainya.        

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perhotelan

Seperti yang udah kamu tau, bidang perhotelan itu banyak sekali dan kamu bisa mencoba terjun ke bagian yang kamu inginkan. Baik itu di bagian front office maupun back office-nya. Nah, selain perhotelan, kamu juga bisa loh mencoba bekerja di sektor lainnya, atau bahkan berwirausaha.

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Manajemen Perhotelan:

1. General Manager Hotel

2. Financial Manager Hotel

3. Koki (Chef)

4. Concierge Hotel

5. Patissier

6. Wirausaha di bidang katering

Wah, ternyata, jurusan Manajemen Perhotelan ini seru juga, ya. Kamu jadi tertarik nggak, nih? Kalo iya, yuk siapkan diri kamu dengan baik di seleksi masuk perguruan tinggi nanti, supaya hasilnya sesuai dengan apa yang kamu impikan.       

mataoker

Recent Posts

Latihan Soal Bentuk Pecahan

Kumpulan latihan soal Matematika kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dan jawaban bentuk pecahan.…

5 hours ago

Latihan Soal Teks Resensi

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa soal latihan dan jawaban dengan…

1 day ago

Jurusan Teknologi Pangan: Informasi dan Prospek Lulusannya

Jurusan Teknologi Pangan menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh calon mahasiswa baru. Banyaknya pabrik…

2 days ago

Latihan Soal Teks Persuasi

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa latihan soal teks persuasi. Semoga…

2 days ago

Latihan Soal Teks Drama

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan latihan soal teks drama beserta pembahasannya.…

3 days ago

Latihan Soal Teks Berita

Kumpulan latihan soal Bahasa Indonesia kali ini akan menyajikan beberapa latihan soal teks berita. Selamat…

4 days ago