jurusan manajemen perbankan

Jurusan Manajemen Perbankan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang tertarik untuk bekerja di dunia perbankan? Pasti banyak di antara kamu yang beranggapan kalo kerja di bank itu punya penghasilan yang besar dan masa depan yang terjamin. Hmm, benar nggak sih kayak gitu? Oke, kali ini, kita akan bahas secara ringkas mengenai jurusan Manajemen Perbankan. Kira-kira, apa aja ya yang dipelajari? Sebagus apa sih prospek kerjanya? Yuk, sama-sama kita cari tau lewat artikel ini!

Baca Juga:

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Manajemen Perhotelan

Jurusan Hubungan Masyarakat

Apa Itu Jurusan Manajemen Perbankan?

Jurusan Manajemen Perbankan merupakan program studi yang mempelajari tentang pengelolaan perbankan, mulai dari aktivitas keuangannya, produk-produk perbankan yang ada di dalamnya, sumber daya manusia, dan sebagainya. Jurusan ini umumnya tersedia dalam dua program, yaitu vokasi (D3) dan sarjana (S1).   

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Perbankan

Sebagai mahasiswa jurusan Manajemen Perbankan, kamu akan belajar tentang peran bank sebagai lembaga keuangan. Kamu akan mulai mengenal tugas dan fungsi bank, sistem pengadministrasiannya, dan cara mengelolanya. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang ilmu ekonomi, ilmu keuangan, konsep operasional perbankan, dan pemasaran.

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Manajemen Perbankan:

1. Matematika Ekonomi

2. Akuntansi

3. Ekonomi Pasar Modal dan Reksadana

4. Manajemen Keuangan Bank

5. Manajemen Operasi 

6. Manajemen Risiko dan Asuransi

7. Manajemen Pemasaran

8. Analisa Laporan Keuangan

9. Audit Bank

10. Komunikasi Bisnis

Tentunya, selain mata kuliah teori, kamu akan dibekali dengan beberapa praktikum, nih. Misalnya seperti praktik pengoperasian komputer, praktik pemasaran, praktik manajemen risiko, dan sebagainya. 

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Perbankan

Perbankan sendiri sangat luas cakupannya. Kamu bisa pilih bidang perbankan yang ingin kamu tekuni sesuai kemampuan dan bakatmu. Mulai dari bagian front liner, operasional, sales dan marketing, compliance risk management, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa loh berkarir di bidang asuransi atau lembaga keuangan lain.

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Manajemen Perbankan:

1. Tenaga profesional di lembaga perbankan

2. Akuntan

3. Tenaga profesional di bidang asuransi

4. Analis Kredit

5. Konsultan Keuangan

Nah, kurang lebih itu dia gambaran mengenai jurusan Manajemen Perbankan. Apa kamu jadi tertarik untuk masuk ke jurusan satu ini? Kamu perlu tau nih, sektor perbankan merupakan sektor yang amat penting di suatu negara. Karena itulah dibutuhkan banyak ahli perbankan untuk mengelolanya agar tetap berkembang. Ini yang menyebabkan prospek karir jurusan ini cukup menjanjikan, ya. Jadi, buat kamu yang emang tertarik berkarir di dunia perbankan, ayo persiapkan dirimu sebaik mungkin agar lolos di jurusan yang kamu inginkan! 

  

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *