jurusan manajemen pariwisata

Jurusan Manajemen Pariwisata: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang hobi jalan-jalan? Mengunjungi berbagai macam tempat wisata yang ada di pusat kota maupun di desa. Nah, kalo di Indonesia sendiri, tempat wisata apa sih yang menurutmu sangat recommended untuk dikunjungi? Coba share di kolom komentar, ya!

Kali ini, kita akan membahas jurusan yang berhubungan dengan wisata. Yaps! Apalagi kalo bukan jurusan Manajemen Pariwisata. Ada yang masih merasa asing dengan jurusan satu ini? Jurusan Manajemen Pariwisata memang masih belum banyak tersedia di perguruan tinggi. Sebagian besar jurusan ini ada di sekolah tinggi atau akademi. Nah, buat kamu yang tertarik dan ingin tau informasi seputar jurusan Manajemen Pariwisata, simak artikel berikut ini, yuk!

Baca Juga:

Jurusan Psikologi

Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan Perpajakan

Apa Itu Jurusan Manajemen Pariwisata?

Jurusan Manajemen Pariwisata merupakan program studi yang membahas mengenai bisnis dan manajemen di bidang pariwisata. Perlu kamu tau nih, bidang pariwisata itu luas cakupannya, meliputi barang dan jasa yang dibutuhkan seseorang saat melakukan perjalanan wisata. Misalnya, akomodasi, penginapan, layanan makanan dan minuman, hiburan, tempat oleh-oleh, dan lain sebagainya. Nah, jadi, bukan berarti karena namanya pariwisata, selama kuliah, kamu bakal banyak jalan-jalan, ya. Hihihi…    

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Pariwisata

Di jurusan ini, kamu bakal banyak belajar mengenai pembangunan dan pengembangan pariwisata, meningkatkan kualitas sumber daya pariwisata, melakukan pemasaran, melayani wisatawan dengan baik, mengetahui hukum dan kebijakan pariwisata, dan masih banyak lagi.

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Manajemen Pariwisata:

1. Ekonomi Pariwisata

2. Ekowisata

3. Manajemen Objek Wisata

4. Hukum dan Kode Etik Pariwisata

5. Pemasaran Pariwisata

6. Pengelolaan Sumber Daya Manusia Pariwisata

7. Perencanaan Pariwisata

8. Pariwisata Budaya

9. Statistik Pariwisata

10. Bahasa Asing

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Pariwisata

Industri pariwisata merupakan sektor yang akan terus berkembang. Hal ini yang menyebabkan prospek dan peluang kerja pada jurusan ini sangat besar. Terlebih lagi, cakupan bidang pariwisata yang luas membuat jenjang karir juga lebih bervariasi. Kamu bisa bekerja di bidang perhotelan, tour and travel, kuliner, event management, dan lain sebagainya.  

Beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Manajemen Pariwisata:

1. Pemandu wisata (tour guide)

2. Hotelier

3. Agen pariwisata

4. Pengelola pusat rekreasi

5. Event organizer

6. Wirausaha di bidang kuliner/oleh-oleh

Gimana, menarik banget kan jurusan yang satu ini? Apa kamu semakin tertarik? Meskipun belum banyak perguruan tinggi ternama yang menyediakan jurusan Manajemen Pariwisata, kamu masih bisa pilih akademi atau sekolah tinggi yang udah nggak diragukan lagi akreditasinya. Jangan lupa tingkatkan lagi semangat belajarmu ya, karena seleksi masuk perguruan tinggi udah semakin dekat. Semangat, guys

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *