jurusan manajemen bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang bercita-cita ingin menjadi seorang entrepreneur? Mengelola sebuah bisnis dan menciptakan brand kamu sendiri. Pastinya seru dan penuh tantangan, ya. Nah, di artikel kali ini, kita akan membahas jurusan yang berkaitan dengan dunia bisnis dan manajemen. So, buat kamu yang tertarik untuk terjun di dunia bisnis, jurusan ini bisa jadi pilihan yang tepat, nih. Oke, langsung aja yuk kita simak artikelnya! 

Baca Juga:

Jurusan Psikologi

Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan Perpajakan

Apa Itu Jurusan Manajemen Bisnis?

Sesuai dengan namanya ya, jurusan Manajemen Bisnis merupakan program studi yang memberikan pengetahuan seputar pengelolaan bisnis dan kewirausahaan, mulai dari proses perencanaan, pengembangan strategi pemasaran, sampai mengatur sumber daya yang tersedia. Nah, jurusan ini termasuk ke dalam ilmu praktis. Artinya, ilmu-ilmu yang dipelajari dapat langsung dipraktekkan di kehidupan sehari-hari. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Manajemen Bisnis 

Di sini, tentunya kamu akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu juga dibekali dengan ilmu praktik yang mampu menunjang kemampuanmu di dunia kerja nanti. 

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Manajemen Bisnis antara lain sebagai berikut:

1. Pengantar Ekonomi

2. Matematika Bisnis

3. Komunikasi Bisnis

4. Manajemen Pemasaran

5. Manajemen Keuangan

6. Manajemen Sumber Daya Manusia

7. Manajemen Distribusi dan Logistik

8. Manajemen Resiko

9. Perilaku Organisasi

10. Studi Kelayakan Bisnis

Nah, selama berkuliah, kamu akan dilatih untuk bisa berpikir analitis dan kritis. Mampu memecahkan berbagai macam masalah di bidang bisnis. Kamu juga dituntut untuk menjadi pribadi yang aktif, komunikatif, dan suka menjalin relasi dengan orang lain.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis

Pada dasarnya, jurusan Manajemen Bisnis nggak cuma ditujukan bagi kamu yang ingin menjadi entrepreneur aja. Tapi, kamu juga bisa menerapkan ilmu ini di perusahaan tempat kamu bekerja nanti. Selain itu, jurusan ini juga memiliki spesialisasi yang beragam. Ada bagian pemasaran, keuangan, SDM, operasional, dan masih banyak lagi. Dan setiap perusahaan pasti memerlukan orang-orang yang ahli di bidang tersebut. Oleh karena itu, nggak diragukan lagi kalo jurusan ini punya prospek kerja yang bagus.

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Manajemen Bisnis:

1. Entrepreneur

2. Business Development

3. Marketing Executive

4. Project Manager

5. Risk Manager

6. Business Analyst

Tentunya masih banyak lagi, ya. Ini juga yang menyebabkan jurusan Manajemen Bisnis menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Gimana, apa kamu termasuk salah satunya? Kalo iya, berarti kamu harus usaha lebih keras lagi nih, karena persaingannya juga bakal ketat. Tetap semangat belajar ya, guys!   

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *