jurusan kesejahteraan sosial

    Pastinya, kamu udah nggak asing lagi ya dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang terjadi di masyarakat. Contohnya seperti kemiskinan, pengangguran, dan kelaparan yang ujung-ujungnya menyebabkan kriminalitas meningkat. Nah, di jurusan Kesejahteraan Sosial, kamu bakal mengkaji kebijakan dan pelayanan sosial dalam skala nasional maupun internasional. Tentunya, jurusan ini akan menarik banget buat kamu yang suka dengan kegiatan sosial dan ingin serius untuk mendalami bidang tersebut. Oleh karena itu, yuk, kita simak informasi lebih lanjut mengenai jurusan Kesejahteraan Sosial berikut ini!  

    Baca Juga:

    Jurusan Administrasi Perkantoran

    Jurusan Manajemen Perhotelan

    Jurusan Hubungan Masyarakat

    Apa Itu Jurusan Kesejahteraan Sosial?

    Jurusan Kesejahteraan Sosial merupakan program studi yang mempelajari cara mengatasi masalah sosial yang terjadi di masyarakat. Masalah sosial ini tentunya ada banyak, ya. Mulai dari masalah pengentasan kemiskinan, peningkatan kualitas kesehatan, pengelolaan fasilitas kesejahteraan, sampai membenahi sistem hukum dan sosial yang bermasalah. Oleh karena itu, jurusan ini erat kaitannya dengan ilmu sosial, politik, ekonomi, sosiologi, dan psikologi.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai teori-teori seputar kebijakan sosial, mengetahui berbagai macam aspek kesejahteraan individu, membuat program yang bermanfaat bagi pengembangan masyarakat, dan masih banyak lagi.

    Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan ini antara lain: 

    1. Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial

    2. Analisa Masalah Kesejahteraan Sosial

    3. Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial

    4. Tingkah Laku Manusia dan Lingkungan Sosial

    5. Kebijakan dan Perencanaan Sosial

    6. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat

    7. Masalah Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial

    8. Dampak Sosial Pembangunan dan Globalisasi

    9. Teori dan Teknik Supervisi dan Konsultasi

    10. Praktek Perencanaan Kesejahteraan Sosial

    Nah, selama berkuliah di jurusan ini, kemampuan berpikir kritis dan komunikasi kamu akan terasah. Alasannya karena, di sini kamu udah terbiasa dalam memecahkan masalah yang ada dan kamu juga bakal sering terjun langsung ke masyarakat. 

    Prospek Kerja Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Prospek kerja jurusan ini itu sangat beragam. Kamu bisa bekerja di lembaga pemerintahan, swasta, terjun langsung ke masyarakat melalui Lembaga Swadaya Masyarakat, menjadi seorang peneliti, atau bahkan bekerja di perusahaan internasional, seperti ILO dan UNICEF. 

    Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Kesejahteraan Masyarakat:

    1. Ahli sosial dan pengembangan masyarakat

    2. Aktivis di Lembaga Swadaya Masyarakat

    3. Spesialis Corporate Social Responsibility (CSR)

    4. Petugas kebijakan sosial

    5. Pekerja sosial medis

    Wah, keren banget nggak sih jurusan yang satu ini? Saat terjun ke dunia kerja, kamu bisa membantu banyak masyarakat melalui program-program yang kamu buat. So, bagi kamu yang tertarik masuk ke jurusan ini, jangan patah semangat belajarnya, ya!