kedokteran gigi

Jurusan Kedokteran Gigi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa di antara kamu yang bercita-cita ingin menjadi dokter gigi? Kamu tahu nggak, untuk menjadi seorang dokter gigi, kamu perlu melalui dua tahap pendidikan, loh. Lalu, sebenarnya, lulusan dari jurusanKedokteran Gigi juga nggak cuma bisa jadi dokter gigi aja, nih. Oke, daripada penasaran, skuy, simak artikel berikut ini!

Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi mempelajari tentang kesehatan oral manusia. Mulai dari menangani berbagai macam permasalahan di daerah gigi dan mulut, hingga cara mengobatinya. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai estetika gigi dan mulut, serta ilmu-ilmu kedokteran dasar (basic medical science).
Nah, bagi kamu yang ingin menjadi dokter gigi, lulus dari program studi Kedokteran Gigi aja tidaklah cukup. Kamu perlu mengikuti program profesi kedokteran gigi yang biasa dikenal dengan kepaniteraan/koasistensi (co-ass) di rumah sakit atau klinik gigi selama kurun waktu tertentu. Setelah itu, baru deh kamu bisa mendapat gelar dokter gigi (drg) dan boleh melakukan praktik.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Kedokteran Gigi

Secara umum, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini akan membahas tentang ilmu kedokteran gigi dasar, ilmu penyakit/gangguan gigi dan mulut, ilmu kesehatan gigi dan mulut, konservasi gigi, bedah mulut, dan masih banyak lagi.
Beberapa mata kuliah yang dipelajari di jurusan Kedokteran Gigi:

1. Biomedik

2. Ilmu Kedokteran Dasar

3. Ilmu Kedokteran Gigi Dasar

4. Karies Gigi

5. Penyakit/Kelainan Jaringan Keras Gigi

6. Penyakit/Kelainan Jaringan Lunak Mulut dan Kelainan Oromaksilofasial

7. Gangguan/Kelainan Tumbuh Kembang dan Oklusi

8. Skills Lab Pemeriksaan Tanda-tanda Vital

9. Skills Lab Pembuatan Gigi Tiruan Lepas Sebagian dan Penuh

10. Odontektomi dan Kegawatdaruratan

Selain belajar teori, kamu juga akan banyak melakukan praktik. Mulai dari cara mencabut gigi, mencetak gigi, hingga memasang kawat gigi. Wow, seru nggak, tuh?

Prospek Kerja Jurusan Kedokteran Gigi

Prospek kerja jurusan ini sebenarnya nggak cuma bisa jadi dokter gigi aja, lho. Kamu juga bisa mengembangkan potensi di bidang yang lainnya. Misalnya, di bidang akademis, penelitian, manajemen rumah sakit, wirausaha, dan masih banyak lagi.
Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni:

1. Dokter Gigi

2. Dosen Ahli

3. Pekerja Sosial Medis

4. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

5. Peneliti 

Nah, setelah membaca artikel di atas, apa kamu semakin tertarik untuk masuk jurusan Kedokteran Gigi? Tentunya, seleksi masuk jurusan ini sangat ketat, ya. Jadi, kamu perlu siapkan dirimu lebih matang dengan lebih giat belajar.
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.

Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *