Jurusan Kebidanan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berbagai macam profesi di bidang kesehatan memang banyak sekali diminati. Mulai dari dokter spesialis, perawat, sampai bidan. Nah, apa kamu salah satu yang tertarik untuk bekerja di bidang ini? 
 
Kali ini, kita akan membahas salah satu jurusan yang berhubungan di bidang kesehatan, yaitu jurusan Kebidanan. Bagi kamu yang belum tau, jurusan Kebidanan khusus untuk perempuan, ya. Nah, di artikel ini akan dibahas secara singkat mengenai jurusan Kebidanan, hal-hal yang dipelajari, serta prospek kerja kedepannya. Penasaran? Yuk, langsung aja kita simak! 
 
Baca Juga: 
 
 
 
 

Apa Itu Jurusan Kebidanan?

Jurusan Kebidanan merupakan program studi yang mengajarkan segala hal tentang persiapan dan proses persalinan. Jadi, nggak hanya membantu seorang ibu untuk melahirkan aja nih, tapi juga melakukan pemeriksaan dan perawatan kandungan, memberikan asuhan terkait program menyusui, merawat tumbuh kembang bayi, serta program Keluarga Berencana (KB).

 
Nah, setelah kamu lulus dari jurusan ini, kamu bisa mendapatkan gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md) untuk D3 dan Sarjana Terapan Kebidanan (S.Tr.Keb) untuk D4. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Kebidanan

Para mahasiswa jurusan Kebidanan umumnya akan belajar tentang fungsi reproduksi, fase-fase kehamilan dan penanganannya, cara merawat ibu dan bayi pasca melahirkan, pengetahuan seputar keluarga berencana, hingga farmakologi.
 
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Kebidanan:

1. Biologi Dasar

2. Keterampilan Dasar Kebidanan

3. Gizi dan Kesehatan Reproduksi

4. Asuhan Kebidanan Kehamilan

5. Asuhan Kebidanan Maternal Neonatal

6. Asuhan Kebidanan Persalinan dan Bayi Baru Lahir

7. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui

8. Asuhan Kebidanan Neonatus Bayi Balita dan Anak Pra Sekolah

9. Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana

10. Farmakologi

Di jurusan ini, kamu juga akan dibekali praktek agar keterampilanmu nggak hanya sebatas teori aja, nih. Contohnya, praktek saat melakukan pemeriksaan pasien, melakukan persalinan, sampai cara yang tepat untuk menghadapi pasien. 

Prospek Kerja Jurusan Kebidanan

Meskipun lulusan Kebidanan sudah pasti akan menjadi seorang bidan, tapi sebenarnya jurusan ini juga memiliki prospek karir yang cukup luas, loh! Kamu bisa menjadi instruktur prenatal atau menjadi penyuluh kesehatan kehamilan. 
 
Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Kebidanan:

1. Bidan

2. Konsultan/Penyuluh Kesehatan Kehamilan dan Reproduksi

3. Instruktur Senam Hamil

4. Pekerja Sosial Medis

Wah, menarik ya ternyata jurusan yang satu ini. Buat kamu yang tertarik untuk masuk ke jurusan Kebidanan, mungkin jurusan ini belum banyak tersedia di perguruan tinggi negeri, ya. Tapi, nggak perlu khawatir, kamu bisa coba masuk di akademi atau politeknik kesehatan. So, siapkan dirimu sebaik mungkin agar lolos di proses seleksi nantinya, ya!
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
 
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version