Yuk cari tahu info mata kuliah dan prospek lulusan dari jurusan komunikasi.

Jurusan Ilmu Komunikasi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti nggak bisa lepas dari yang namanya komunikasi. Namanya juga makhluk sosial, pasti kita akan berinteraksi dengan individu lain, dan dalam interaksi itu kita melakukan komunikasi. Di artikel kali ini, kita akan bahas jurusan yang berkaitan dengan komunikasi. Yap! Jurusan Ilmu Komunikasi. Ada yang tertarik untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Atau kamu masih ragu? Nah, bagi yang masih bingung dan ragu dengan jurusan ini, yuk mending simak artikel berikut untuk tau apa itu jurusan Ilmu Komunikasi, hal-hal yang dipelajari, serta prospek kerja bagi para lulusannya.

Apa Itu Jurusan Ilmu Komunikasi?

Jurusan Ilmu Komunikasi merupakan program studi yang mempelajari komunikasi dalam berbagai tingkatan. Mulai dari komunikasi intrapersonal (diri sendiri), interpersonal (orang lain), kelompok, organisasi, hingga massa. Oleh karena itu, ilmu komunikasi sangat erat kaitannya dengan hubungan manusia dengan sesamanya di masyarakat. Nah, di jurusan ini juga, kamu akan diajari cara berkomunikasi atau menyampaikan pesan dengan lebih efektif agar bisa diterima dengan baik oleh sasaran yang dituju.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Komunikasi

Secara umum, di jurusan ini kamu akan belajar banyak tentang bentuk-bentuk komunikasi, strategi komunikasi, sampai melakukan praktek yang berhubungan dengan media. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar sosial.
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Ilmu Komunikasi:

1. Pengantar Ilmu Komunikasi

2. Sosiologi Komunikasi

3. Psikologi Komunikasi

4. Komunikasi Massa

5. Teknologi Komunikasi

6. Komunikasi Lintas Budaya

7. Komunikasi Internasional

8. Komunikasi Pemasaran

9. Komunikasi Grafis

10. Jurnalistik 

Di sini kamu nggak cuma belajar teori aja, tapi juga kemampuan prakteknya di lapangan. Selain itu, umumnya jurusan Ilmu Komunikasi memiliki beberapa bidang peminatan, seperti Jurnalistik, Public Relations, Penyiaran, Periklanan, Manajemen Komunikasi atau Komunikasi Media, dan lain sebagainya. Wah, menarik banget nggak, sih!

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi

Nah, karena komunikasi dibutuhkan dalam segala hal yang kita lakukan, nggak heran kalo prospek kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi itu luas dan menjanjikan banget. Kamu bisa bekerja di berbagai jenis perusahaan, media, agensi, maupun instansi pemerintah.
Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Ilmu Komunikasi:

1. Public Relations

2. Penyiar

3. Jurnalis

4. Editor

5. Marketing Communications

Tentunya, masih banyak lagi pilihan karir yang bisa kamu ambil nantinya. Gimana, udah nggak bingung dan ragu lagi kan dengan jurusan ini? Nah, bagi yang udah mantap ingin memilih jurusan Ilmu Komunikasi di kuliah nanti, yuk persiapkan diri kamu semaksimal mungkin agar bisa bersaing di seleksi masuk perguruan tinggi nantinya. Semangat!
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Kedokteran Gigi . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya.
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *