jurusan ilmu gizi
    Apakah kamu berencana untuk masuk ke jurusan Ilmu Gizi? Mungkin kamu sudah tahu ya, jurusan Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati dari tahun ke tahun. Selain karena prospek karirnya yang bagus, hal-hal yang dipelajari di jurusan ini juga sangat menarik. Yaps! Apalagi kalau bukan seputar nutrisi dan makanan. Nah, artikel ini akan membahas seluk beluk mengenai jurusan Ilmu Gizi secara ringkas, meliputi deskripsi jurusan, beberapa mata kuliah yang umum dipelajari, dan prospek kerja bagi para lulusannya. Penasaran? Simak penjelasannya sampai habis, ya!

    Jurusan Ilmu Gizi

    Ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pentingnya nutrisi bagi kebutuhan manusia. Secara spesifiknya sih, di jurusan ini kamu akan mengetahui hubungan antara gizi (nutrisi) yang terkandung pada makanan bagi kesehatan tubuh, pertumbuhan, dan produktivitas manusia. Selain itu, kamu juga akan mengetahui besar asupan gizi yang ideal bagi tubuh serta pola makan yang sehat. 

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Gizi

    Berikut beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Ilmu Gizi:

    1. Prinsip-prinsip Ilmu Gizi

    2. Ilmu Bahan Pangan

    3. Teknologi Pengolahan Pangan

    4. Gizi Masyarakat

    5. Ketahanan Pangan

    6. Pengembangan Produk Pangan

    7. Perencanaan Pangan dan Gizi

    8. Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan

    9. Interaksi Obat dan Makanan

    10. Dietetika Penyakit Infeksi dan Defisiensi

    Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi

    Lulusan Ilmu Gizi memiliki prospek kerja yang luas. Kamu bisa kerja di bidang manapun. Mulai dari rumah sakit, klinik, instansi pemerintah, lembaga kesehatan masyarakat, sampai menjadi seorang pebisnis atau wirausaha, loh!
     
    Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Ilmu Gizi:

    1. Ahli Gizi (Nutritionist)

    2. Ahli Diet (Dietitian)

    3. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan

    4. Quality Assurance (QA) dan Quality Control (QC) di bidang gizi dan makanan

    5. Sistem Analis 

    6. Pengusaha kuliner

     
    Tentunya, masih banyak lagi pilihan karir yang bisa kamu geluti, ya. Jadi, gimana nih setelah baca informasi seputar jurusan Ilmu Gizi? Semakin tertarik? Nah, kalau kamu punya tekad yang kuat untuk masuk ke jurusan ini, kamu harus belajar yang rajin dan persiapkan diri kamu semaksimal mungkin untuk seleksi masuk perguruan tinggi nanti, ya. Semangat~ 

     
     
    Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Ilmu Gizi. Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
     

    Belajar persiapan UTBK paling komplit cuma ada di Ruangguru. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ untuk dapetin potongan harganya. Cara pakai kode diskon ada di video berikut atau hubungi admin buat langganan.

    Hubungi Admin Sekarang