jurusan hubungan masyarakat

    Apa kamu merupakan seseorang yang aktif berorganisasi, suka mengikuti banyak kegiatan sekolah maupun luar sekolah, bertemu orang-orang baru, dan menjalin komunikasi dengan mereka? Kalo iya, mungkin jurusan yang satu ini bisa jadi pertimbangan kamu saat masuk kuliah nanti. Jurusan Hubungan Masyarakat atau bisa disebut juga dengan Public Relations pasti udah nggak asing lagi bagi kamu, ya. Jurusan ini memang cukup banyak diminati karena dianggap punya prospek kerja yang bagus, nih. Wah, buat kamu yang penasaran dengan jurusan ini, yuk, kita simak sama-sama artikel berikut!

    Baca Juga:

    Jurusan Manajemen Bisnis

    Jurusan Manajemen Pariwisata

    Jurusan Akuntansi

    Apa Itu Jurusan Hubungan Masyarakat?

    Jurusan Hubungan Masyarakat (Public Relations) merupakan program studi yang mempelajari fungsi manajemen dalam membangun citra dan menjaga hubungan baik suatu organisasi dengan organisasi lain maupun publik. Nah, jurusan ini tentu berkaitan erat dengan ilmu komunikasi, ya. Soalnya, dalam membangun suatu hubungan atau relasi kan butuh yang namanya komunikasi.   

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Masyarakat

    Di jurusan ini, kamu akan belajar cara mengelola hubungan komunikasi yang baik antara organisasi atau perusahaan dengan orang-orang di luar perusahaan. Entah itu masyarakat, pemerintah, investor, dan lain sebagainya. 

    Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Hubungan Masyarakat:

    1. Pengantar Ilmu Komunikasi

    2. Dasar-dasar Humas

    3. Hukum dan Peraturan Kehumasan

    4. Manajemen Humas

    5. Perencanaan Kerja Humas

    6. Marketing Public Relations

    7. Lobi dan Negosiasi

    8. Produksi Media Public Relations

    9. Humas Perusahaan

    10. Public Speaking     

    Nah, tentunya, selama berkuliah, kemampuan berbicara (public speaking) kamu akan terasah. Selain itu, kamu juga akan dibekali beberapa praktikum dan projek guna meningkatkan skill yang kamu miliki. Jadi, ketika kamu udah terjun ke dunia kerja, nggak cuma jago teori aja, tapi juga praktik secara langsung.    

    Prospek Kerja Jurusan Hubungan Masyarakat

    Setiap perusahaan, pasti membutuhkan tim humas yang berperan untuk menjalin relasi dengan berbagai pihak di luar perusahaan. Oleh karena itulah, lulusan Hubungan Masyarakat punya peluang dan prospek kerja yang cukup bagus. Bidang karir jurusan ini juga sangat luas, mulai dari media, periklanan, event organizer, dan masih banyak lagi.   

    Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Hubungan Masyarakat:

    1. Public Relations Specialist

    2. Social Media Specialist

    3. Promotion Assistant

    4. Public Relations Consultant

    5. Presenter

    Wah, gimana, nih? Menarik banget ya jurusan yang kita bahas kali ini. Apa kamu jadi tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Ingat ya, ujian seleksi perguruan tinggi tinggal sebentar lagi. Kalo kamu ingin lolos ke jurusan yang kamu impikan, yuk, tingkatkan lagi semangat belajarnya. Supaya persiapan kamu juga semakin matang. Fighting!!!