jurusan bahasa dan budaya korea

Jurusan Bahasa dan Budaya Korea: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang suka banget sama dunia K-Pop dan nonton drama Korea, nih? Terus, gara-gara itu, kamu jadi berniat untuk ambil jurusan Sastra Korea di kuliah nanti. Nah, kalo begitu, ada baiknya kamu ketahui dulu seluk beluk jurusan Bahasa dan Budaya Korea. Hal apa aja sih yang dipelajari di jurusan ini? Apa hanya belajar bahasa dan budayanya aja, atau lebih luas lagi? Lalu, bagaimana dengan prospek kerja bagi para lulusannya, ya? Yuk, temukan jawabannya lewat artikel ini!

Baca juga:

Jurusan Agroteknologi

Jurusan Kedokteran Gigi

Jurusan Pendidikan Dokter

Apa Itu Jurusan Bahasa dan Budaya Korea?

Mungkin banyak dari kamu yang lebih sering mendengar jurusan ini dengan sebutan jurusan Sastra Korea, ya. Tapi, sebenarnya, jurusan Sastra Korea juga nggak semata-mata hanya belajar bahasanya aja, melainkan juga kebudayaan yang ada. Oleh karena itu, di beberapa universitas, jurusan ini disebut sebagai jurusan Bahasa dan Budaya Korea. Jurusan Bahasa dan Budaya Korea merupakan program studi yang mempelajari tentang bahasa, budaya, sampai sejarah Korea. Jadi, umumnya ada tiga bahasan utama yang dipelajari. Nah, untuk bahasan lebih lengkapnya, lanjut ke poin berikutnya, skuy

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Bahasa dan Budaya Korea

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, di jurusan ini kamu nggak cuma belajar tentang bahasa Korea aja, tapi juga kebudayaan dan sejarahnya. Kalo dari segi bahasa, umumnya ada tiga bahasan yang akan dipelajari. Ada linguistik, fonetik, dan fonologi. Kamu juga akan belajar cara bicara (spelling) bahasa Korea yang benar, berdialek, dan menulis. Nah, dari ragam bahasa Korea yang kamu pelajari ini, tentunya akan berkaitan dengan perkembangan sejarah dan budaya Korea sendiri.   

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Bahasa dan Budaya Korea:

1. Tata Bahasa Korea

2. Menulis Bahasa Korea

3. Semantik Bahasa Korea

4. Morfosintaksis Bahasa Korea

5. Pengkajian Puisi Korea

6. Pengantar Sejarah Korea

7. Sejarah Kesusastraan Korea

8. Sejarah Korea Kontemporer dan Modern

9. Fonetik dan Fonologi Bahasa Korea

10. Masyarakat dan Kebudayaan Korea 

Prospek Kerja Jurusan Bahasa dan Budaya Korea

Banyak yang beranggapan kalo peluang karir jurusan sastra itu kecil dan nggak bagus. Padahal, kamu juga bisa punya banyak pilihan karir di berbagai bidang setelah lulus nanti. Enggak menutup kemungkinan buat kamu untuk melamar pekerjaan di perusahaan asing, loh!      

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Bahasa dan Budaya Korea:

1. Penerjemah (Translator)

2. Pemandu wisata

3. Penulis

4. Jurnalis

5. Pengajar Bahasa Korea

Gimana nih, semakin tertarik dan yakin untuk masuk jurusan ini? So, persiapkan dirimu sebaik mungkin agar bisa lolos di seleksi perguruan tinggi nanti, ya!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *