jurusan arsitektur

Jurusan Arsitektur: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang bercita-cita ingin menjadi seorang arsitek? Jurusan arsitektur mungkin jadi pilihan yang pas buat kamu. Kamu bisa membuat sebuah bangunan sesuai rancanganmu sendiri. Nah, kamu tahu nggak nih, banyak ilmu yang harus dipelajari sebelum menjadi seorang arsitektur, loh! Kamu nggak cuma memperhatikan masalah keindahan (estetika) dalam mendesain bangunanmu aja. Tapi juga harus mempertimbangkan faktor-faktor lain. Misalnya seperti struktur bangunan atau lingkungan sekitar. 
 
So, buat kamu yang tertarik untuk ambil jurusan Arsitektur di kuliah nanti, ada baiknya kamu simak artikel berikut ini, yuk! Supaya kamu bisa tahu seluk beluk tentang jurusan Arsitektur serta hal-hal apa aja yang dipelajari di jurusan ini. Check these out!
 
Jurusan Arsitektur: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

 

 

Apa Itu Jurusan Arsitektur?

Arsitektur berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Arkhitekton” yang artinya ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, desain, dan konstruksi bangunan dengan mempertimbangkan faktor-faktor, seperti fungsi struktur bangunan, lingkungan, serta keindahan (estetika). Jadi, di jurusan ini kamu akan menuangkan ide, konsep, dan desain konstruksi sebuah bangunan.

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Arsitektur

Mahasiswa jurusan arsitektur umumnya akan belajar tentang merancang sebuah bangunan. Mulai dari mendesain denah interior dan eksterior yang menarik, menganalisis kebutuhan ruang dari fungsi bangunan, mempelajari struktur bangunan, sampai mengatur anggaran dari material bangunan yang ingin dirancang.
 
Berikut ini beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Arsitektur:

1. Matematika Arsitektur

2. Fisika Bangunan

3. Arsitektur dan Lingkungan

4. Tata Ruang

5. Seni Rupa 

6. Perancangan Perumahan

7. Mekanika Teknik

8. Estetika Arsitektur

9. Metode Pemrograman Desain Arsitektur

10. Studio Desain Arsitektur

Di jurusan ini, kemampuan berpikir kreatif kamu akan terus diasah. Kamu juga harus tekun, teliti, dan mampu memecahkan berbagai masalah terkait tata letak dan fungsi bangunan.

Prospek Kerja Jurusan Arsitektur

Sebenarnya, kuliah di jurusan Arsitektur nggak mengharuskan kamu untuk menjadi seorang arsitek, loh. Peluang karir lulusan jurusan Arsitektur itu banyak banget. Kamu bisa bekerja di bagian pemerintahan, menjadi seorang developer, kontraktor, sampai terjun ke dunia bisnis. 
 
Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Arsitektur:

1. Arsitek

2. Quantity surveyor

3. Surveyor bangunan

4. Kontraktor

5. Developer

6. Inspektur bangunan bersejarah

7. Konsultan Arsitektur

8. Pegawai Negeri Sipil di Instansi yang mengandalkan teknik Arsitektur

Waw, banyak banget, kan?! Gimana, semakin tertarik untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Tentunya, dengan banyaknya prospek kerja lulusan Arsitektur yang menjanjikan ini, membuat daya saing jurusan Arsitektur sangat besar, nih. Jadi, kamu perlu usaha yang lebih keras lagi untuk persiapan di seleksi masuk perguruan tinggi nanti. Tetap semangat belajar, ya! 
 
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan Teknik Arsitektur. Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 

Yuk langganan Ruangguru sekarang dengan kode diskon ELIYANAUGIJJ dan dapatkan diskonnya sekarang juga untuk beragam fitur serta fasilitas belajar di Ruangguru. Tonton video cara berlangganannya atau bisa hubungi admin sekarang juga.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *