Jurusan Analis Kesehatan: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Siapa yang masih asing dengan jurusan yang satu ini? Yap! Selain dokter, perawat, bidan, dan tenaga medis lainnya, salah satu profesi yang bergerak di bidang kesehatan adalah analis kesehatan. Penasaran dengan jurusan analis kesehatan ini, hal apa aja yang dipelajari, serta seperti apa prospek kerjanya? Yuk, mari kita simak sama-sama di artikel berikut ini!

Apa Itu Jurusan Analis Kesehatan?

Jurusan Analis Kesehatan atau bisa disebut juga dengan Teknologi Laboratorium Medik merupakan program studi yang mempelajari tentang faktor-faktor penyebab penyakit serta obatnya.

Di jurusan ini, kamu akan belajar cara menjadi seorang ilmuwan atau tenaga kesehatan yang memiliki keterampilan tinggi di bidang kesehatan. Kamu juga akan dituntut untuk menguasai berbagai macam sarana laboratorium dan implementasinya di dunia kesehatan. 

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Analis Kesehatan

Mahasiswa jurusan Analis Kesehatan umumnya akan belajar tentang ilmu-ilmu dasar terkait organ tubuh dan penyakit, seperti fisiologi, patofisiologi, bakteriologi, virologi, toksikologi, imunohematologi, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga akan banyak melakukan penelitian yang meliputi pengukuran, pengujian, pemeriksaan, penetapan suatu jenis penyakit, serta obatnya.
 
Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Analis Kesehatan:

1. Fisiologi

2. Bakteriologi

3. Virologi

4. Patofisiologi

5. Toksikologi Klinik

6. Imunohematologi dan Bank Darah

7. Biologi Sel dan Molekuler

8. Pengantar Laboratorium Medik 

9. Urinalisa dan Cairan Tubuh

10. Analisis Makanan dan Minuman

Nah, karena mahasiswa jurusan ini lebih banyak melakukan riset atau penelitian terkait penyakit dan obatnya, makanya di sini sangat diperlukan ketelitian, detil, dan memiliki jiwa-jiwa yang senang menganalisis atau melakukan observasi. Jadi, nggak boleh asal-asalan, soalnya hasil riset yang dilakukan ini akan digunakan oleh dokter atau tenaga medis lainnya di bidang kesehatan. 

Prospek Kerja Jurusan Analis Kesehatan 

Para lulusan Analis Kesehatan umumnya bisa bekerja di laboratorium rumah sakit atau klinik, balai laboratorium kesehatan pusat atau daerah, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta di perusahaan makanan, minuman, dan obat-obatan sebagai tim quality control.
 
Berikut ini beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Analis Kesehatan:

1. Peneliti di laboratorium rumah sakit atau klinik

2. Teknisi Rekam Medis

3. Konsultan Kesehatan

4. Quality Control di sebuah perusahaan makanan, minuman, atau obat-obatan

5. Pengawas Kesehatan Lingkungan

Tentunya, masih banyak lagi loh pilihan karir yang bisa kamu ambil ketika menyelesaikan studi di jurusan yang satu ini. Nah, setelah membaca informasi di atas, apa kamu semakin yakin dan tertarik untuk masuk ke jurusan Analis Kesehatan? Kalau iya, yuk, tingkatkan lagi semangat belajarmu agar sukses di seleksi masuk perguruan tinggi nantinya, ya! 
 
 
Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang Jurusan analis kesehatan . Persiapkan belajar kamu dari sekarang untuk masuk di jurusan ini ya. 
 
Untuk menunjang kegiatan belajar kamu, langganan Ruangguru untuk persiapan SBMTPN dan UTBK yuk. Ada diskon menarik loh dari Ruangguru dengan pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ.
 
 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version