jurusan akuntansi

Jurusan Akuntansi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Berkarir di bidang keuangan dan perbankan memang cukup menjanjikan. Oleh karena itu, banyak calon mahasiswa yang tertarik untuk masuk ke jurusan-jurusan yang berhubungan dengan bidang tersebut. Salah satunya adalah jurusan Akuntansi. Kamu pasti udah nggak asing lagi kan dengan jurusan yang satu ini? Nah, di artikel kali ini, kita akan bahas mengenai jurusan Akuntansi secara ringkas. Mulai dari informasi jurusan, hal-hal yang dipelajari, sampai prospek kerja bagi para lulusannya. Penasaran? Kalo gitu, langsung aja kita simak artikel berikut!

Baca Juga:

Jurusan Psikologi

Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan Perpajakan

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

Jurusan Akuntansi erat kaitannya dengan masalah keuangan. Jurusan ini mempelajari tentang pencatatan, penggolongan, serta penyusunan laporan transaksi keuangan. Selain itu, kamu juga akan menganalisis laporan tersebut dan menilai berbagai kemungkinan yang terjadi kedepannya. Nah, jadi, di jurusan ini kamu akan berkutat dengan angka, data, dan uang, ya. Tapi, bukan uang dalam wujud nyata, melainkan hanya nilainya aja. Hehehe…    

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Akuntansi

Sebagai mahasiswa jurusan Akuntansi, kamu akan belajar banyak mengenai laporan keuangan. Mulai dari membuat laporan keuangan yang baik sesuai standar perusahaan, menganalisis laporan tersebut, mengecek kelayakan laporan, menilai kelayakan usaha lewat laporan keuangan tersebut, sampai memperkirakan prospek kedepannya. 

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Akuntansi:

1. Matematika Ekonomi

2. Akuntansi Keuangan

3. Akuntansi Manajemen

4. Akuntansi Biaya

5. Sistem Informasi Akuntansi

6. Analisis dan Pencatatan Laporan Keuangan

7. Auditing

8. Perpajakan 

9. Strategi dan Manajemen Kinerja Organisasi

10. Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Resiko

Tentunya, di sini kemampuan analisa dan berhitung kamu akan diasah. Kamu juga dituntut agar selalu fokus dan teliti. Apalagi dalam membuat laporan keuangan, ya. Tapi, bagi kamu yang tertarik dengan hitung-hitungan, tapi nggak terlalu eksak banget, jurusan ini bisa kamu jadikan pilihan.  

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi

Kamu pasti tau kan kalo setiap instansi atau perusahaan pasti punya bagian keuangan. Nah, di sinilah para lulusan Akuntansi diperlukan. Makanya, peluang dan prospek karir jurusan Akuntansi masih cukup besar dan luas banget. 

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Akuntansi:

1. Akuntan

2. Auditor internal

3. Financial Planner

4. Credit Analyst

5. Account Officer  

Oke, itu dia informasi seputar jurusan Akuntansi yang bisa kamu ketahui. Apa kamu jadi berminat untuk masuk ke jurusan ini? Prospek kerja yang bagus membuat jurusan Akuntansi banyak diminati, lho! Jadi, saingannya juga akan semakin ketat. Untuk itu, buat kamu yang pengin banget masuk ke jurusan ini, yuk, persiapkan diri semaksimal mungkin supaya mendapatkan hasil yang maksimal di seleksi perguruan tinggi nanti. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *