Jurusan kuliah yang melibatkan hitungan-hitungan itu banyak sekali, salah satunya adalah Jurusan Aktuaria.

    Jurusan kuliah yang melibatkan hitungan-hitungan itu banyak sekali, salah satunya adalah Jurusan Aktuaria. Sudah tahu belum dengan jurusan yang satu ini? kalau belum, yuk kita cari tahu bersama!

    Baca Juga:

    Jurusan Kesejahteraan Sosial

    Jurusan Manajemen Perbankan

    Jurusan Administrasi Publik

    Mengenal Jurusan Aktuaria

    Jurusan Aktuaria berhubungan erat dengan angka dan perhitungan. Jadi, Jurusan Aktuaria adalah studi yang menilai risiko keuangan di bidang asuransi dan keuangan, serta mengetahui bagaimana cara menggunakan metode matematika dan statistik.

    Ilmu aktuaria menerapkan matematika probabilitas dan statistik untuk mendefinisikan, menganalisis, dan memecahkan implikasi keuangan dari peristiwa masa depan yang tidak pasti.

    Secara garis besar, ilmu aktuaria berusaha untuk mengukur risiko suatu peristiwa yang terjadi menggunakan analisis probabilitas sehingga dampak finansialnya dapat ditentukan. Ilmu aktuaria biasanya digunakan dalam industri asuransi.

    Dengan mengambil program studi ini, kamu akan belajar matematika, statistik, dan teknik ekonomi yang memungkinkan kamu dapat mengukur risiko. Selain itu, kamu juga belajar untuk menganalisis dan menyelesaikan masalah bisnis dan sosial yang berkaitan dengan asuransi, pensiun, jaminan sosial, tunjangan karyawan, dan bidang terkait.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Aktuaria

    Sebagai mahasiswa aktuaria, tentunya ada berbagai mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini. Materi pelajarannya pun beragam mulai dari matematika hingga materi penting seputar aktuaria secara lebih detail.

    Beberapa mata kuliah yang dipelajari di Jurusan Aktuaria:

    1. Kalkulus

    2. Pemrograman

    3. Praktikum Pemrograman

    4. Pengantar Ekonomi Mikro

    5. Pengantar Profesi Aktuaris

    6. Pengantar Ekonomi Makro

    7. Pengantar Matematika Finansial

    8. Pengantar Akuntansi Aktuaria

    9. Persamaan Diferensial Elementer

    10. Pengantar Statistika Matematik

    11. Pengantar Matematika Finansial

    12. Pengantar Teori Risiko

    13. Proses Stokastik

    14. Probabilitas dan Statistika

    15. Analisis Regresi Terapan

    Prospek Kerja Jurusan Aktuaria

    Lulusan dari jurusan aktuaria dapat bekerja sebagai aktuaris, seorang yang berprofesi untuk menganalisis konsekuensi finansial dari risiko dan ketidakpastian. Aktuaris menggunakan matematika, statistik, dan teori keuangan untuk menilai risiko peristiwa potensial. Kemudian aktuaris akan membantu bisnis dan klien mengembangkan kebijakan yang meminimalkan biaya risiko itu.

    Pekerjaan aktuaris sangat penting untuk industri asuransi. Karena itu, sebagian besar lulusan dari jurusan aktuaria kemungkinan akan bekerja sebagai aktuaris di industri asuransi. Seorang aktuaris memakai statistik canggih dan perangkat lunak pemodelan.

    Hal tersebut bertujuan untuk meramalkan kemungkinan suatu peristiwa terjadi, biaya potensial peristiwa tersebut jika memang terjadi, dan apakah perusahaan asuransi memiliki cukup uang untuk membayar klaim di masa mendatang.

    Mengutip dari collegegrad, aktuaris memiliki sekitar 27.700 lapangan pekerjaan. Pemberi kerja aktuaris 71% berasal dari keuangan dan asuransi, 13 % dari layanan profesional, ilmiah, dan teknis, 6% dari manajemen perusahaan, 4% berasal dari pekerja mandiri, dan 3% berasal dari pemerintah.

    Berikut ini adalah prospek kerja jurusan aktuaria di industri asuransi:

    1. Aktuaris Asuransi Kesehatan

    2. Aktuaris Asuransi Jiwa

    3. Aktuaris Asuransi Properti dan Kecelakaan

    4. Aktuaris Risiko Perusahaan

    Nah, seperti itulah gambaran seputar jurusan aktuaria. Program studi aktuaria menjadi salah satu jurusan yang tepat, terutama bagi kamu yang menyukai matematika dan profesi di dunia keuangan.