jurusan administrasi publik

Jurusan Administrasi Publik: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Mungkin kamu udah nggak asing lagi ya dengan ilmu administrasi. Segala bidang, pasti butuh yang namanya administrasi. Ini yang menjadikan ilmu administrasi banyak macamnya, sesuai fokus bahasan yang dipelajari. Jika mencakup bisnis, maka ada yang namanya administrasi bisnis. Jika mencakup perkantoran, maka dinamakan administrasi perkantoran. Nah, jika bahasannya mencakup publik, maka namanya administrasi publik. Kali ini, kita bakal bahas seluk beluk seputar jurusan Administrasi Publik, nih. Ada yang tertarik masuk jurusan ini di kuliah nanti? Kalo gitu, simak informasi berikut, ya!

Baca Juga:

Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan Manajemen Perhotelan

Jurusan Hubungan Masyarakat

Apa Itu Jurusan Administrasi Publik?

Jurusan Administrasi Publik juga bisa dikenal dengan Administrasi Negara, merupakan program studi yang membahas segala hal tentang sistem pemerintahan, pembuatan kebijakan beserta implementasi dan evaluasinya, pelayanan masyarakat, serta hal yang berkaitan dengan birokrasi di antara pemerintah dan masyarakat. Gampangnya sih, jurusan ini mempelajari masalah sosial yang terjadi di masyarakat (publik) dan cara mengatasinya dari sisi pemerintah.   

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Publik

Di jurusan ini, kamu akan belajar mengenai sistem pemerintahan. Ada tiga lembaga pemerintah yang menjadi fokus pembelajaranmu, di antaranya lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Selain itu, kamu juga akan belajar cara mengelola organisasi sektor publik dalam hal menyusun dan menerapkan suatu kebijakan.  

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Administrasi Publik:

1. Pengantar Ilmu Administrasi Publik

2. Sistem Administrasi Negara

3. Kebijakan Publik

4. Sistem Hukum Indonesia

5. Ekonomi Sektor Publik

6. Isu-isu Organisasi Publik

7. Implementasi Kebijakan Publik

8. Evaluasi Kebijakan Publik

9. Manajemen Pelayanan Publik

10. Teori Birokrasi Publik

Nah, tentunya, di jurusan ini kamu nggak hanya belajar teori, ya. Kamu juga bakal belajar cara memanfaatkan teknologi dan alat komunikasi yang ada dalam meneliti, menganalisa, dan mencari solusi seputar masalah implementasi kebijakan. Oleh karena itu, dibutuhkan pribadi yang teliti, tekun, dan senang melakukan analisis serta pemecahan masalah. 

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Publik

Prospek kerja jurusan Administrasi Publik bisa dibilang bagus dan menjanjikan. Lulusan Administrasi Publik umumnya dipersiapkan untuk terjun ke instansi-instansi pemerintah pusat maupun daerah, organisasi nonpemerintah yang bergerak di bidang pelayanan masyarakat, atau instansi yang bergerak di bidang ekonomi dan pembangunan.   

Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Administrasi Publik:

1. Konsultan pemerintahan

2. Aparat pemerintah

3. Aktivis di Lembaga Swadaya Masyarakat

4. Lembaga legislatif

5. Jurnalis pemerintahan

Tentu, masih banyak lagi bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih, ya. Gimana, setelah baca informasi di atas, jadi semakin tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Ayo, makin semangat lagi belajarnya supaya mimpimu bisa diraih, guys

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *