jurusan administrasi perkantoran

    Udah tau belom apa sih yang dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran? Kalau belum tau, simak penjelasannya di artikel berikut ini ya.

    Sudahkah kamu memutuskan untuk masuk ke jurusan apa di kuliah nanti? Eits, jangan asal pilih jurusan, ya! Pilih jurusan yang tepat sesuai minat dan bakatmu guys, supaya kamu bisa ngejalaninnya dengan sepenuh hati. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan hal-hal seputar kesekretariatan atau kegiatan ketatausahaan, mungkin kamu bisa coba untuk ambil jurusan Administrasi Perkantoran, nih. Ada yang masih asing dengan jurusan yang satu ini? Kalo gitu, simak informasi berikut, yuk!   

    Baca Juga:

    Jurusan Manajemen Bisnis

    Jurusan Manajemen Pariwisata

    Jurusan Akuntansi

    Apa Itu Jurusan Administrasi Perkantoran?

    Jurusan Administrasi Perkantoran atau yang biasa dikenal dengan Kesekretariatan merupakan program studi yang berfokus pada perencanaan kegiatan kantor, pendataan, surat menyurat, sampai pengelolaan karyawan. Jurusan ini tersedia dalam dua program, yaitu vokasi (D3) dan sarjana (S1). Nah, jurusan ini nggak cuma ada di jenjang kuliah aja, tapi juga tersedia di sekolah kejuruan. Jadi, buat kamu yang sedang ambil jurusan Administrasi Perkantoran di SMK dan ingin melanjutkannya ke jenjang yang lebih tinggi, bisa banget, loh.

    Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Perkantoran

    Di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana mengatur dan merencanakan kegiatan kantor dengan baik, meliputi anggaran keuangan, pembayaran, tim dan karyawan, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan belajar cara membuat surat, mengarsipkan dokumen, mengolah data, dan ilmu-ilmu seputar manajemen perusahaan.

    Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Administrasi Perkantoran:

    1. Azas Manajemen

    2. Manajemen Perkantoran

    3. Pengetahuan Kesekretariatan

    4. Humas dan Protokol

    5. Teknik Penulisan Laporan

    6. Manajemen Kearsipan

    7. Manajemen Personalia

    8. Manajemen Bisnis dan Organisasi

    9. Akuntansi

    10. Bahasa Asing

    Nah, selain ilmu-ilmu teori, kamu juga akan dibekali dengan ilmu praktik. Misalnya seperti praktik pengoperasian komputer dan keterampilan mengetik. Selain itu, selama berkuliah di sini, kemampuan manajerial dan komunikasi juga akan terasah dengan baik.

    Prospek Kerja Jurusan Administrasi Perkantoran

    Pada dasarnya, masalah administrasi selalu ada di setiap perusahaan yang bergerak di bidang apapun. Oleh karena itulah, para lulusan administrasi dibutuhkan. Hal ini juga yang menyebabkan peluang dan prospek kerja jurusan administrasi cukup menjanjikan.

    Berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Administrasi Perkantoran:

    1. Sekretaris

    2. Staff Administrasi

    3. Staff Personalia

    4. Personal Assistant

    5. Resepsionis       

    Sekarang udah tau kan gambaran mengenai jurusan Administrasi Perkantoran. Apa kamu tertarik untuk masuk ke jurusan ini? Tentunya, karena prospek kerja yang menjanjikan, membuat jurusan Administrasi Perkantoran jadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa di setiap tahunnya, nih. So, buat kamu yang pengin banget masuk ke jurusan ini, yuk tingkatkan lagi semangat belajarnya, supaya hasilnya sesuai dengan harapanmu.   

    Biar makin mantap persiapan kamu masuk jurusan ini, belajar dulu yuk di Ruangguru. Pakai kode diskon MAUTIDUR ya buat dapetin diskon yang lebih besar.