jurusan di universitas terbuka

    MATAOKER – Ada apa saja sih jurusan di universitas terbuka? pertanyaan seperti itu jelas akan mencuat bagi kalian yang belum mengerti. Aku kasih tahu nih, jurusan kuliah di universitas terbuka tuh lengkap banget loh, ngga kalah sama di kampus lainnya.

    Sebelum aku ngebahas tentang apa saja jurusannya nih, aku mau kasih tahu kalo kuliah di universitas terbuka (UT) tuh enak. Sistem perkuliahannya terbilang fleksibel, artinya, lo ngga harus selalu datang ke kampus setiap hari buat kuliah.

    Nah, selain itu di UT juga ngga ada batasan umur maksimal buat mahasiswa yang mau mendaftar, jadinya enak banget kan. Konsep seperti ini cocok banget buat lo yang pengen fokus kerja sembari berkuliah. Biar lo ngga penasaran, nih gue share jurusan di universitas terbuka.

    Jurusan Diploma

    Jurusan Diploma nih cocok banget buat lo yang punya basic lulusan SMK, di UT ada beberapa pilihan jurusan yang bisa lo pilih. Mulai dari jurusan D-II, D-III dan D-IV, semuanya cocok dan bisa lo pilih sesua minat dan kemampuan lo.

    • D-II Perpustakaan, jurusan ini cocok buat lo yang punya cita-cita buat mengelola perpustakaan. Jurusan ini bakal mempelajari tentang pengelolaan, analisa hingga menginformasikan buku dan dokumen.
    • D-III Perpajakan, jurusan vokasional ini cocok buat lo yang pengen jadi ahli pajak. Mempelajari segala hal tentang pajak pribadi maupun kelembagaan.
    • D-IV Kearsipan, jurusan yang bisa mengarahkan lo buat belajar gimana mengelola arsip dan segala hal yang berkaitan.
    jurusan di universitas terbuka
    sumber gambar ; unsplash.com

    Jurusan Strata 1 di Universitas Terbuka

    Jurusan Strata 1 atau Sarjana di Universitas terbuka ini paling banyak diminati, lo punya banyak pilihan disini dari beberapa fakultas.

    • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Beberapa jurusan yang bisa lo pilih diantaranya, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Matematika. Lo juga bisa memilih jurusan Pendidikan Kimia, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika dan lain sebagainya.
    • Fakultas Ekonomi, punya beberapa pilihan jurusan yang menarik buat lo. Seperti jurusan Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi, dan Pariwisata.
    • Fakultas Sains dan Teknologi, disini lo bisa memilih jurusan jurusan Statistika, Teknologi Pangan dan Agribisnis. Selain itu, ada beberapa jurusan lain yang bisa lo pilih.
    • Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, kalo lo pengen jadi praktisi hukum atau pakar administrasi. Lo bisa kuliah di jurusan Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Hukum.

    Program Jurusan Pascasarjana

    Kalo lo pengen menempuh pendidikan Magister di UT, lo bisa pilih beberapa jurusan berikut ini.

    • Ilmu Manajemen, lo bisa memperdalam keilmuan manajemen di program pascasarjana manajemen UT.
    • Ilmu Kelautan dan Perikanan, jurusan ini bisa bikin lo belajar tentang masalah kelautan dan perikanan.

    Sebenernya masih ada beberapa lagi jurusan di universitas terbuka yang bisa lo pilih. Temukan aja jurusan yang lo pilih di UT, lengkap kok.