jurusan administrasi bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis: Informasi Kuliah dan Prospek Kerjanya

Dalam artikel ini kamu akan diberikan informasi seputar jurusan administrasi bisnis. Mulau dari informasi kuliah, mata kuliah yang dipelajari, hingga prosepek kerjanya.

Apa kamu tertarik untuk masuk ke dunia bisnis? Menjadi seorang pebisnis, nggak cuma bermodalkan uang, percaya diri, dan berani mengambil resiko aja. Tapi, kamu juga harus punya kemampuan untuk memanajemen usaha yang kamu jalankan agar bisa berkembang dan mencapai target yang diharapkan nantinya. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan hal-hal seputar bisnis, mungkin kamu bisa coba masuk ke jurusan yang satu ini, nih. Yap! Jurusan Administrasi Bisnis. Yuk, kita cari tau sama-sama informasi seputar jurusan Administrasi Bisnis lewat artikel berikut ini!

Baca Juga:

Jurusan Bahasa dan Budaya Korea

Jurusan Manajemen

Jurusan Hubungan Internasional

Apa Itu Jurusan Administrasi Bisnis?

Di beberapa perguruan tinggi, jurusan Administrasi Bisnis dikenal sebagai Administrasi Niaga. Jurusan ini merupakan program studi yang khusus mempelajari segala hal terkait operasional bisnis dan perusahaan. Di sini, kamu nggak hanya belajar cara memasarkan produk dan memperoleh keuntungan yang maksimal. Tapi, kamu juga belajar gimana caranya menciptakan nilai (value) dari produk yang ingin kamu pasarkan. Wah, menarik banget, kan?   

Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Administrasi Bisnis

Secara umum, mahasiswa jurusan Administrasi Bisnis akan belajar cara mengelola bisnis suatu perusahaan atau organisasi agar tetap stabil dan berkembang. Mulai dari kegiatan pemasaran (marketing), pengelolaan produksi dan sumber daya, keuangan, logistik, dan lain sebagainya.

Beberapa mata kuliah yang umum dipelajari di jurusan Administrasi Bisnis:

1. Kebijakan dan Strategi Pemasaran

2. Kebijakan dan Strategi SDM

3. Sistem Informasi Manajemen

4. Manajemen Pemasaran Strategis

5. Teknik Penyusunan Rencana Bisnis

6. Manajemen Perusahaan Industrial

7. Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial

8. Manajemen Resiko

9. Perilaku Konsumen

10. Perencanaan dan Pengendalian Keuangan

Nah, selain belajar bisnis, kamu juga akan dibekali ilmu-ilmu penunjang lainnya, nih. Misalnya, ilmu dasar akuntansi, statistika, ilmu komputer, bahasa Inggris, serta berbagai macam praktikum, seperti public speaking, business motivation training, dan masih banyak lagi.  

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis

Sebenarnya, kuliah di jurusan Administrasi Bisnis nggak mengharuskan kamu untuk menjadi seorang pebisnis, kok. Kamu juga bisa bekerja di sebuah perusahaan atau bidang lain yang kamu suka. Peluang karir jurusan Administrasi Bisnis sangat luas dan menjanjikan. Kamu bisa bekerja di bagian pemasaran, pengembangan bisnis, sumber daya manusia, atau keuangan di sebuah instansi milik pemerintah maupun swasta.

Biar ngga bingung, berikut beberapa pilihan karir yang bisa kamu tekuni sebagai lulusan Administrasi Bisnis:

1. Wirausaha 

2. Product Manager

3. Market Researcher

4. Konsultan Bisnis

5. Human Resource Development (HRD)

Gimana, semakin tertarik untuk masuk ke jurusan yang satu ini? Ujian seleksi perguruan tinggi semakin dekat, nih. So, tingkatkan lagi motivasi belajarmu dan jangan lupa untuk jaga kesehatan, ya.

Oh iya, ada satu info lagi nih,buat kamu yang emang pengen mau masuk jurusan ini. Kamu pastinya harus belajar lebih giat dong, nah kamu bisa pakai Ruangguru untuk belajar hadapi latihan soal UTBK SBMPTN atau SNMPTN. Ada diskon gede banget kalau kamu pakai kode diskon MAUTIDUR. Dapatkan potongan harga untuk produk ruangbelajar, Brain Academy Online, dan English Academy dari Ruangguru.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *