MATAOKER – Dapatkah kamu memahami segela wujud dan jenis energi dalam sistem kehidupan? jika belum bisa memahami, tidak apa-apa. Bisa jadi, tak semua orang dapat memahami segala wujud dan jenis energi dalam sistem kehidupan.

    Tapi setidaknya, kamu pasti sedikit banyak telah memahami bahwa kehidupan seluruh mahluk hidup Bumi tak lepas dari adanya peranan energi. Kamu pun pasti sudah mempelajari tentang jenis energi yang terbarukan, yang mana jumlah ketersediannya tidak akan habis. Tapi, lain halnya dengan jenis energi tak terbarukan, yang mana jenis energi ini akan segera habis karena keberadannya tidak akan bisa bertambah lagi.

    Namun, pada dasarnya, pembahasan soal energi sangatlah luas, sehingga kamu perlu memahaminya dari pengertian energi terlebih dahulu.

    Apa itu Energi?

    Energi dapat dipahami sebagai suatu upaya untuk melakukan suatu tindakan tertentu dengan tujuan yang jelas agar menimbulkan suatu perubahan. Perubahan wujud maupun keadaan yang bermula dari adanya upaya yang melibatkan energi tersebut, terjadi sesuai dengan harapan pelakunya.

    Jenis Energi Dalam Sistem Kehidupan

    Berdasarkan pengertiannya, terdapat beberapa jenis energi dalam sistem kehidupan manusia. Ada apa Saja? simak ulasannya berikut ini ;

    Energi Potensial

    Energi Potensial merupakan jenis energi yang terdapat pada suatu benda, saat benda yang bersangkutan tersebut sedang berada dalam posisi tidak bergerak. Contoh termudahnya yakni adalah, sebuah batu yang berada diatas meja, memiliki energi potensial karena letak ketinggiannya pada meja.

    energi dalam sistem kehidupan
    sumber gambar : unsplash.com

    Energi Kimia

    Energi Kimia merupakan jenis energi yang letaknya tersimpan dalam bentuk atom dan juga molekul. Jenis energi Kimia ini dapat mengalami proses konversi menjadi energi listrik. Contoh sederhananya yakni lampu yang menyala berasal dari energi kimia yang mengalami proses konversi menjadi energi listrik.

    Energi Potensial Gravitasi

    Jenis energi potensial gravitasi ini bersumber pada suatu benda yang berada pada permukaan Bumi. semakin tinggi letaknya, maka akan semakin besar energi potensial gravitasinya.

    Energi Listrik

    Jenis energi ini memiliki muatan dan arus listrik, banyak memiliki manfaat pada penggunaan lampu bohlam untuk bisa memberikan pencahayaan yang terang.

    Energi Kinetik

    Jenis energi kinetik ini bersumber pada benda yang mengalami perpindahan tempat akibat adanya suatu gerakan yang terjadi. Contoh sederhananya yakni air pada waduk yang dapat memutarkan Turbin.

    Energi Potensial Elastisitas

    Energi jenis yang satu ini bersumber pada benda yang diregangkan, semakin jauh jarak regangnya maka akan jadi semakin besar pula energinya.

    Itulah ulasan mengenai Energi Dalam Sistem Kehidupan, semoga bermanfaat.

     

    sumber referensi : https://wirahadie.com/energi-dalam-sistem-kehidupan/amp/