lms terbaik

Daftar LMS Terbaik di Indonesia

Oke, di artikel kali ini kita akan sama-sama membahas tentang beberapa LMS terbaik di Indonesia yang dirangkum tim Mataoker. 
Menghadapi semester genap 2021 memang butuh persiapan yang dapat dikatakan cukup serius. Pandemi yang tak kunjung selesai, membuat beberapa sekolah di beberapa daerah membatalkan rencana tatap muka di awal tahun ini. Kini, guru dan siswa harus kembali berkutat dengan pembelajaran daring.
Berbicara tentang pembelajaran daring, salah satu komponen yang menjadi cukup penting ialah keberadaan LMS (learning management system). LMS sendiri merupakan sebuah sistem manajemen pembelajaran terpadu yang memungkinkan kegiatan belajar mengajar layaknya tatap muka di kelas.

1. ruangkelas dari Ruangguru

Ruangguru kini telah menghadirkan platform LMS gratis yang bisa digunakan oleh guru dan siswa. Layanan ini diberinama ruangkelas. Di LMS ruangkelas ini banyak fitur yang ditawarkan antara lain:
Guru bisa mengadakan live teaching
Dengan adanya fitur ini diharapkan guru bisa mengajarkan seperti pengajaran tatap muka. Live teaching ini berbentuk video yang bisa disaksikan langsung oleh siswa.
Bisa memberikan berbagai format materi ajar
Melalui layanan LMS ruangkelas dari Ruangguru ini, guru bisa memberikan materi ajar dalam berbagai format termasuk video animasi dari ruangbelajar
Guru bisa menganalisis nilai siswa
Di ruangkelas guru bisa memberikan sekaligus melakukan analisa dari nilai siswa. Jadi, guru bisa lebih mudah mengetahui aspek penilaian apa saja yang masih kuran dari siswa
Guru berdiskusi langsung dengan siswa
Melalui fitur Obrolan Kelas, guru bisa membimbing atau melakukan diskusi dari tugas yang sudah diberikan.
(img ruangkelas)

2. Google Classroom

LMS buatan Google ini menawarkan berbagai macam fitur. Google Classroom memiliki sistem integrasi antarlayanan yang bisa dikatakan memudahkan proses pembelajaran. Sinkronisasi antarkelas, penjadwalan melalui Google Calendar, hingga penyimpanan melalui Google Drive. Layanan tersebut bisa dinikmati secara gratis namun dengan fitur yang terbatas.

3. Edmodo

Platform LMS ini menawarkan fasilitas bagi guru mengupload materi yang telah dibuat. Disediakan juga kolom diskusi dan chat yang bisa dilakukan kepada siswa. Selain itu, platform ini juga menawarkan penjadwalan latihan yang harus diselesaikan oleh siswa. Di platform ini disediakan pilihan paket gratis dan berbayar.

4. Schoology

LMS ini menawarkan keunggulan fasilitas analytic untuk semua kegiatan yang diberikan kepada siswa. Berdasarkan fitur tersebut, guru bisa mengetahui berapa lama siswa menghabiskan waktu untuk mengerjakan tugas tersebut. Serunya, fitur-fitur yang ada di platform ini bisa dibagikan ke media sosial seperti Twitter dan Facebook.

5. Moodle

Moodle menawarkan fitur yang umumnya sudah dimiliki oleh LMS lain. Fitur latihan soal, penilaian, forum diskusi, dan pengunduhan materi sudah dimiliki oleh Moodle. Sayangnya, untuk menggunakan aplikasi ini butuh keahlian teknis untuk melakukan penginstalan.
Nah, itu tadi daftar LMS terbaik di Indonesia yang bisa Mataoker berikan. Buat para guru dan siswa yang akan menggunakan LMS di semester baru, pilihlah LMS yang menawarkan dengan berbagai fitur unggulan yang bisa dimanfaatkan. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *