Halo gaes, seberapa sering sih kalian melihat iklan? Iya, baik iklan di televisi atau pun iklan di koran? Nah, pasti sering dong. Emang iklan itu apa sih? Hmmmh….begini. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), iklan itu merupakan berita yang tujuannya mendorong, membujuk khalayak ramat biar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan. Di tulisan kali ini kita secara khusus akan membahas tentang ciri-ciri teks iklan di surat kabar. Sudah siap kan? Yuk kita mulai.
Bahasa Indonesia Kelas 8 - Mengenal Ciri-ciri Teks Iklan
sumber: baktiartha.co.id

1. Kalimat persuasif

Persuasif itu mengajak atau memengaruhi pembaca. Ya namanya iklan emang tujuannya kan biar pembaca itu beli. Tulis aja kata-kata seperti “Beli sekarang…harga termurah..” Dijamin banyak yang ngelirik. Eh tapi lo juga harus tahu apa yang dijual. Nggak boleh asal pasang kalimat murah. Lah kalo dijualnya terlalu murah, bukannya untung, malah buntung.

2. Ada slogan

Slogan itu merupakan ciri biar gampang diinget sama orang. Gini deh, salah satu air mineral ada yang bilang gini kan, “kayak ada manis-manisnya gitu”. Nah, secara nggak sadar, itu udah termasuk slogan. Apa hal yang harus dimiliki dari sebuah slogan? Gampang diingat.

3. Istilah yang disingkat

Coba lihat lagi contoh iklan di awal tulisan ini. Ada beberapa tulisan yang disingkat kan? Misalnya, “Kond” itu merupakan singkatan dari “kondisi”. Terus ada singkatan “bgs” itu artinya “bagus”. Kenapa harus disingkat? Ini karena teks iklan yang muncul di surat kabar diberikan ruang tapi sempit.

Baca Juga: Jurusan Farmasi: Informasi Kuliah dan Prospek Kerja

4. Kalimat sederhana

Berhubung teks iklan di surat kabar itu diberikan ruang yang sempit, maka penulisan deskripsi dari iklan pun harus sederhana. Deskripsi ini penting karena berupa penjelasan singkat dari produk atau jasa yang ditawarkan. Eh tapi jangan mentang-mentang disuruh singkat-singkat gitu, lo nulis deskripsinya malah nggak jelas karuan. Pembeli malah bingung nantinya. Tulis aja yang sekiranya menjadi poin lebih dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Nah, gimana nih gaes? Lo udah tahu kan sekarang tentang ciri-ciri teks iklan? Ternyata gampang diinget loh, cuma ada 4 poin penting. Kalimat persuasif, ada slogan, penyingkatan istilah, dan penyederhanaan kalimat menjadi ciri teks iklan yang paling mendasar. Setelah, baca artikel ini, coba dong share contoh teks iklan yang pernah lo baca. Tulis di kolom komentar ya.

Kalau penjelasannya belum cukup jelas, yuk langganan Ruangguru. Ada ribuan video animasi dengan guru terbaik yang siap menamani kamu belajar. Sekarang lagi ada diskon gede nih. Pakai kode diskon ELIYANAUGIJJ ya buat dapetin diskonnya.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *