Kaligrafi Dinding Kelas

    MATAOKER – Kamu sedang mencari Cara mudah Membuat Kaligrafi Dinding Kelas, langsung jago? kamu bisa mewujudkannya bila membaca artikel ini. Ya, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara termudah agar kamu bisa membuat kaligrafi dinding kelas.

    Membuat kaligrafi dinding kelas tentunya membutuhkan proses yang cukup lama dan tidak mudah, terlebih bila kamu tidak pernah mempelajarinya. Tapi, bagaimana bila keadaan sewaktu-waktu memaksamu harus mempelajari cara untuk membuat kaligrafi dinding kelas? tenang.

    Sekali lagi, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa membuatnya, karena sebagaimana keterampilan lainnya, membuat kaligrafi dinding juga bisa dipelajari. Selain itu, kamu harus paham bahwa betapa unsur seni juga merupakan hal yang sangat penting dalam bidang interior ruangan, keduanya saling melengkapi.

    Jadi, Bagaimana cara memubuat kaligrafi dinding kelas? sebelum itu, kamu perlu memahami prosesnya.

    Cara Membuat Kaligrafi Dinding Kelas

    Membuat Kaligrafi dinding kelas benar-benar bisa kamu lakukan selama kamu mempelajari dan menerapkan tips dan trik berikut ini ;

    Siapkan Desain

    Cara pertama. kamu harus menyaipkan konsep terlebih dahulu agar bisa menentukan gambaran desain kaligrafi dinding kelas yang akan kamu buat. Nah, setelah memiliki konsep desain yang jelas, selanjutnya kamu perlu untuk mempersiapkan berbagai peralatan untuk membuat sebuah kaligrafi.

    Buat Pola Desain

    Berikutnya, kamu harus membuat atau menggambar pola desain kaligrafi sesuai konsep yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Buatlah pola desain ruang untuk backgorund dan juga frame pada kertas karton dengan menggunakan pensil.

    Selanjutnya, setelah selesai menggambar pola desain, kamu harus memotongnya dan melubangi bagian sisi-sisinya dengan menggunakan pisau cutter. Potonglah sesuai pola desain, lalu setelah selesai, tempelkan pola desain kaligrafi tersebut pada dinding.

    Kaligrafi Dinding Kelas
    sumber gambar : unsplash.com

    Warnai Pola Desain

    Selanjutnya, kamu tinggal memberikan pewarnaan pada pola desain kaligrafi yang sudah kamu tempelkan pada dinding. Pelajari terlebih dahulu komposisi pengoplosan warna yang menarik, blog bagian ayat dan tulisan pada desain kaligrafi agar proses pewarnaan bisa lebih mudah.

    Merias Ornamen

    Nah, setelah selesai melakukan proses pewarnaan pola pada desain kaligrafi, proses berikutnya yakni memberi rias dan pewarnaan pada ornamennya. Usahakan untuk menggukan kuas berukuran kecil agar proses merias ornamen bisa lebih mudah.

    Menuliskan Kaligrafi

    Proses berikutnya, yakni menuliskan kaligrafi dengan menggunakan kuas yang potongannya lebih miring. Teknik penulisannya yakni, awali terlebih dahulu dengan melakukan seket menggunakan kapur supaya bisa menghasilkan bentuk tulisan yang tebal dan jelas.

    Komposisi cat juga harus mendapatkan perhatian, buatlah adukan cat dengan tekstur yang encer agar proses dalam menulis kaligrafi menjadi mudah. Tahap akhinya yakni mempertebal tulisan kaligrafi serta menghapus bekas goresan kapur saat membuat sketsa, agar lebih rapi.

    Begitulah cara untuk membuat kaligrafi dinding kelas, semoga bermanfaat.

     

    sumber referensi : https://www.kaligrafiindonesia.com/2012/12/kaligrafi-interior.html