Rumus Volume Balok

    MATAOKER – Bagaimana caranya agar kamu bisa memahami rumus volume balok? jawabannya, dengan membaca artikel ini. Ya, memahami rumus volume balok sangatlah mudah asalkan kamu mempelajarinya dengan baik dan tekun.

    Pelajaran Matematika di Sekolah juga mengajarkan kamu tentang bagaiamana cara menghitung rumus volume Balok. Artinya, kamu memang harus bisa mengerjakan berbagai soal yang berkaitan dengan volume balok.

    Balok merupakan salah satu jenis ruang yang memiliki ciri khas dan sifat karakteristik yang berbeda dengan bangun ruang lainnya. Kamu harus mengingat bahwa Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi dengan enam bidang sisi berbentuk persegi panjang.

    Selain itu, Balok juga memiliki enam buah sisi, delapan titik sudut serta dua belas buah rusuk. Lalu, bagaimanakah cara menghitung rumus volume balok? begini penjelasannya.

    Cara Kerja Rumus

    Cara menghitungnya yakni dengan menggunakan rumus P x L x T, dengan keterangan sebagaimana berikut ini ;

    • P = Panjang
    • L = Lebar
    • T = Tinggi

    Tetapi,sebelum mengerjakan, kamu harus memperhatikan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa panjang setiap sisi pada balok memiliki satuan penghitungan yang sama. Jangan sampai kamu mengabaikannya, semisal, dalam soal disebutkan bahwa lebar balok memiliki satuan cm, sedangkan tingginya memiliki satuan m.

    Alhasil, Balok pun memiliki satuan panjang yang berpangkat tiga yang disebut sebagai kubik. Semisal contoh, kamu dapat membaca cm3 sebagai sentimeter kubik, ataupun m3 merupakan singkatan dari meter kubik.

    Rumus Volume Balok
    sumber gambar ; unsplash.com

    Contoh Soal Volume

    Agar kamu bisa benar-benar memahami bagaimana cara kerja rumusnya, kamu perlu berlatih dengan mengerjakan soal. Sehingga dengan begitu, kamu bisa terus mengasah kemampuan dan pemahamanmu dalam mengerjakan soal yang berkaitan dengan rumus tersebut.

    Berikut ini adalah contoh soal yang berkaitan dengan rumus volume balok, kamu bisa membacanya sembari belajar untuk memahami cara kerjanya. Selanjutnya setelah paham, kamu sudah bisa langsung mempraktikkannya saat belajar.

    Soal 1

    Olivia membeli sebuah lemari berbentuk Balok dengan ukuran panjang, tinggi serta lebarnya yakni 2m, 1m, dan 2m. Pertanyaannya, berapakah volume dari lemari balok tersebut?

    Jawab ;

    Diketahui ; panjang 2, lebar 1m, tinggi 2 m

    Volume = 2 m x 1 m x 2m

    Hasil = 4 m.

    Jadi, volume dari lemari berbentuk Balok milik Olivia sebesar 4 meter.

    Bagaimana? cukup mudah sekali kan, nah, jika kamu sudah mengerti, kamu bisa langsung berlatih untuk mengerjakan soal. Kamu juga bisa langsung menggunakan hasil belajarmu disini untuk mengerjakan soal-soal yang ada di PR sekolahmu.

    Jadi, segitu saja pembahasan mengenai bagaimana cara termudah untuk memaham cara kerja rumus volume Balok. Semoga bermanfaat dan bisa menambah semangat belajarmu dalam pelajaran Matematika. Kalau kamu berusaha dengan belajar giat, kamu akan berhasil menemukan cara untuk mengerjakannya.