menikmati cerita sejarah indonesia

    MATAOKER –  Kamu ingin mengetahui cara belajar menikmati cerita sejarah Indonesia? Begini tahapannya yang harus kamu ikuti. Merupakan suatu hal yang sangat bagus ketika kamu memiliki keinginan untuk belajar sekaligus menikmati cerita sejarah Indonesia.

    Hal itu tak ubahnya seperti sedang menanamkan rasa dan sikap Nasionalisme, sekaligus berupaya untuk terus bisa menghargai jasa para pahlawan. Setiap orang pun bisa mewujudkan rasa dan sikap untuk menghargai jasa pahlawan yang memerdekakan bangsa Indonesia dengan cara mempelajari cerita sejarah.

    Ada banyak sekali cara untuk belajar menikmati sekaligus mempelajari cerita sejarah Indonesia, tak hanya sekedar dengan mempelajarinya di Sekolah. Kamu pun juga bisa mempelajarinya dengan cara membaca novel bertema Sejarah, keberadaan Novel dengan tentang sejarah sangat umum di negara-negara Barat.

    Cara Menikmati Cerita Sejarah Indonesia

    Seperti pembahasan sebelumnya, ada banyak sekali cara untuk mempelajari sekaligus menikmati cerita sejarah Indonesia. Selain dengan mempelajarinya di Sekolah, kamu juga bisa mempelajarinya melalui nover dengan tema Sejarah, pun juga Teks Sejarah.

    Teks Sejarah merupakan teks yang memuat tentang fakta dan cerita Sejarah yang telah lama terjadi pada masa lampau. Teks Sejarah umumnya berisi tentang latar belakang pun juga asal muasal terjadinya sejarah pada masa tersebut. Sehingga, pembacanya di masa kini bisa menilai sisi dan nilai sejarah yang ada didalamnya.

    Lalu, bagaimanakah cara untuk mempelajarinya? Begini tahapannya.

    Mengidentifikasi Informasi

    Membaca cerita sejarah perlu teknik tertentu, kamu harus bisa menyerap dan memahami mauatan materi dengan cepat tanpa banyak membuang-buang waktu. Bila kamu tidak bisa memahami bagian-bagian tertentu pada cerita sejarah, kamu perlu mengulanginya lagi. Namun, sekali lagi jangan terlalu banyak membuang-buang wakti agar kamu tidak jenuh saat membacanya.

    menikmati cerita sejarah indonesia
    sumber gambar : Unsplash.com

    Mengkaji Informasi Cerita Sejarah

    Setelah mengidentifikasi berbagai muatan Informasi yang ada pada cerita Sejarah, kamu perlu untuk mengkajinya. Fungsinya sangat jelas, yakni agar kamu bisa memilah mana Informasi sejarah yang bersifat fakta, mana materi sejarah yang menjadi latar penceritaan imajinatif penulisnya.

    Agar bisa mengkajinya dengan baik, kamu bisa menggunakan rumus 5W + 1H agar bisa mengkaji Informasi cerita sejarah. Yakni : Apa, Dimana, Kapan, Bagaimana, Siapa dan Mengapa.

    Mengenali Struktur Cerita Sejarah

    Struktur dalam novel sejarah juga memiliki kesamaan dengan teks sejarah, inilah poin penting yang harus kamu pahami.

    • Pengenalan Situasi Cerita Sejarah (Orientasi)
    • Penjabaran Peristiwa
    • Permulaan Konflik
    • Titik Puncak Konflik
    • Penyelesain Konflik
    • Koda

    Begitulah Cara Belajar Menikmati Cerita Sejarah Indonesia yang bisa kamu lakukan dengan mudah, semoga bermanfaat.

     

    sumbe referensi : https://wirahadie.com/materi-bahasa-indonesia-kelas-12-bab-2/amp/