cara belajar efektif

5 Cara Belajar Efektif Selama PJJ

Sejak pandemi melanda, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) rasanya sudah menjadi makanan sehari-hari, baik bagi kita sebagai siswa, maupun bagi orang tua kita yang menemani belajar di rumah. Tapi, meskipun PJJ sudah bukan hal baru, bukan berarti kita nggak pernah menemukan kesulitan saat menjalaninya. Ada yang kesulitan menyelesaikan berbagai tugas yang menumpuk dari guru, ada yang kesulitan memahami materi yang disampaikan, dan kesulitan-kesulitan lain yang cenderung lebih susah diselesaikan karena siswa nggak bisa bertemu langsung dengan guru. Kamu pasti pernah mengalami hal seperti itu juga, kan?

Kalau dibiarkan berlarut-larut, kendala-kendala seperti itu bisa berpengaruh buruk terhadap performa belajar kita di sekolah, lho! Hasil pembelajaran yang didapatkan pun jadi nggak bisa maksimal akibat kendala tadi. 

Hmm.. kalau udah kayak gitu, terus solusinya apa, ya? 

Nah, kamu bisa mencoba beberapa cara belajar efektif yang bisa diterapkan selama PJJ. Check it out!

Mempelajari materi terlebih dahulu sehari sebelumnya 

Untuk mengurangi ketidakpahaman kamu terhadap materi, kamu bisa coba mempelajari garis besar materi yang akan diajarkan guru sehari sebelum PJJ berlangsung. Misalnya, besok pagi kamu akan mempelajari materi Fisika tentang Gerak Melingkar, maka kamu bisa coba mempelajari garis besarnya malam ini. Jadi, ketika kamu menerima pelajaran keesokan harinya, kamu sudah memiliki gambaran mengenai konsep materi tersebut.

Baca Juga: Alasan Kenapa Kamu Wajib Coba Ruangguru

Selain itu, kamu juga bisa catat hal-hal apa saja yang kurang kamu mengerti dari materi yang bersangkutan. Kemudian, keesokan harinya, kamu bisa menanyakan hal-hal tersebut kepada gurumu.

Diskusi dengan teman sekelasmu

Meskipun PJJ, tapi bukan berarti kamu jadi sama sekali nggak bisa berkomunikasi dengan teman-teman sekelasmu, kan? Kamu bisa coba berdiskusi dengan teman-teman sekelasmu tentang materi yang kamu pelajari di sekolah melalui chat

Selain itu, kamu juga bisa mengadakan sesi diskusi via Zoom atau Google Meet bersama teman-temanmu untuk membahas materi atau tugas sekolah. Anggap saja seperti sedang kerja kelompok, tapi kerja kelompoknya secara online. Eits, tapi pastikan kamu berkomunikasi dengan teman di luar jam pelajaran ya, supaya nggak mengganggu jadwal PJJ bersama guru. 

Merekam PJJ dan mencatat poin-poin penting dari guru

Saat PJJ berlangsung, kamu bisa minta izin kepada gurumu untuk merekam pembelajaran online yang berlangsung melalui Zoom atau Google Meet. Nah, rekaman ini nantinya bisa kamu gunakan untuk mempelajari ulang materi yang sudah disampaikan guru.

Kamu juga bisa mencatat poin-poin penting yang disampaikan gurumu ketika PJJ di buku catatanmu. Catatan ini berfungsi sebagai arsip yang bisa kamu lihat kembali kalau-kalau suatu saat kamu lupa dengan materi yang telah disampaikan gurumu.

Minta bantuan orang tua atau saudara

Ada soal atau materi sulit yang nggak bisa kamu pahami, tapi lagi nggak bisa tanya guru atau teman? Coba tanyakan saja ke orang tua atau saudaramu di rumah! Siapa tau, mereka bisa membantu kamu mengerjakan soal atau menjelaskan materi tersebut. Jangan sungkan atau ragu meminta bantuan orang lain kalau kamu sedang butuh, ya!

Baca Juga: Cara Daftar Kompetisi Liga Ruangguru

Ikut les privat

Last but not least, kamu bisa les privat dengan guru terbaik di ruangles. Di ruangles, kamu bisa berinteraksi secara eksklusif dengan guru privat, sehingga kamu bisa lebih memahami materi yang disampaikan. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dan membahas tugas atau soal sulit yang kamu dapatkan dari sekolah secara 1 on 1. Jadi, kamu bisa memahami penyelesaian soal tersebut dengan lebih baik.

Ruangles menyediakan jasa les privat dengan mata pelajaran terlengkap, mulai dari jenjang TK/PAUD hingga umum. Materi yang disampaikan mengacu pada kurikulum nasional dan internasional. Guru-guru di ruangles pun merupakan guru-guru terbaik lulusan universitas ternama yang berpengalaman di bidangnya. Jadi, kamu nggak perlu khawatir dengan kualitas guru privat di ruangles, ya.

Kelebihan selanjutnya dari ruangles adalah layanannya yang fleksibel. Di ruangles, kamu bisa menyesuaikan materi, jadwal belajar, hingga media online yang akan kamu gunakan sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. Selain itu, tersedia juga jaminan ganti guru jika ternyata terdapat ketidakcocokan dengan guru privat yang sudah terpilih.

Di ruangles, juga ada banyak promo, lho! Promo yang bisa kamu dapatkan antara lain:

  • Promo belajar dari rumah sebanyak 30% dengan harga per jam mulai dari Rp70.000.
  • Paket Trial, yaitu murid dapat mencoba belajar 1 sesi di ruangles selama 90 menit, yang berlaku dari jenjang TK/PAUD sampai umum.
  • Gratis 1 jam/koin ruanglesonline. Koin ruanglesonline ini dapat digunakan untuk keperluan konsultasi PR selama 30 menit dengan fitur live chat. Koin ini berlaku untuk jenjang SD-SMA dengan kurikulum nasional.
  • Potongan harga hingga 2 jutaan untuk Paket Early Bird atau tahun ajaran baru. Berlaku untuk jenjang SD-SMA dengan kurikulum nasional.
  • Gratis akses 1 bulan ruangbelajar UTBK dan 10 kuota tryout premium untuk siswa yang mendaftar paket UTBK. Paket ini juga sudah termasuk mata pelajaran TPS dan TPA.

Itu dia beberapa cara belajar efektif untuk memahami materi selama Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Kamu bisa mulai menerapkan cara-cara tersebut dari sekarang demi pembelajaran dan performa akademik yang lebih baik. Tetap semangat belajar dan jaga kesehatan, ya!

Related Posts