blended learning alta school

Blended Learning Alta School dalam Kelas Home-Based Project

Dalam artikel ini, Mataoker akan menginformasikan blended learning Alta School sebagai solusi pendidikan berkualitas untuk buah hati Anda.

Di tengah kondisi pandemi seperti ini, pernahkah Bunda merasa khawatir akan kualitas pendidikan anak yang cenderung dilakukan secara online melalui sambungan video call? Pembelajaran secara online sebenarnya merupakan salah satu metode belajar yang ada dalam sistem pembelajaran blended learning. Benarkah sistem seperti ini tidak lebih tinggi kualitasnya dibandingkan sekolah secara tatap muka?

Nyatanya, sistem pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dan offline atau biasa disebut sebagai blended learning ini, merupakan salah satu sistem pembelajaran yang efektif, baik bagi siswa maupun guru. Dengan sistem pembelajaran seperti ini, anak juga bisa belajar secara fleksibel dari rumah. Jadi, tidak ada penghalang bagi anak karena dari rumah pun, anak tetap bisa mempelajari ilmu-ilmu baru.

Baca Artikel Lainnya

sekolah online alta school

Salah satu platform yang mendukung sistem pembelajaran blended learning adalah Alta School, sekolah nonformal berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa. Blended learning Alta School menggunakan sistem pembelajaran berbasis online dengan durasi pembelajaran yang lebih singkat daripada sekolah konvensional. Alta School juga menyediakan fasilitas penunjang belajar dalam bentuk Learning Kit untuk membantu anak memahami pembelajaran dengan lebih mudah.

Alta School memiliki beragam pilihan kelas menarik untuk meningkatkan kreativitas anak melalui Home-Based Project, yaitu kelas yang mendukung anak lebih bebas dalam mengeksplorasi dan mengenali bakatnya. Melalui Home-Based Project, anak dapat mengembangkan kreativitasnya sesuai dengan minat dan kesenangan masing-masing.

Kategori Kelas Home Based-Project Blended Learning Alta School

Home-Based Project sendiri memiliki lima pilihan kategori kelas, yaitu Fun-Math, Klub Sains, Art & Craft, English Club, serta Literasi dan Numerasi.

paket blended learning alta school

Fun-Math

Fun-Math dirancang untuk dapat menumbuhkan minat anak terhadap konsep hitungan melalui penggunaan benda-benda konkret dan aktivitas yang menyenangkan, sehingga dapat membantu anak dalam membangun konsep Matematika.

Pada akhir dari Add-On ini, siswa diharapkan memiliki penguasaan konsep aritmatika dasar yang kuat dalam lingkup bilangan 1-10, 11-20, 20-30, dan seterusnya. Kemudian, hal ini akan menjadi dasar dalam pengenalan bilangan-bilangan selanjutnya bagi siswa.

Klub Sains

Fokus pembelajaran Klub Sains adalah membangkitkan kekaguman dan rasa ingin tahu melalui eksperimen serta cerita-cerita yang seru dan menyenangkan. Metode saintifik dilakukan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dalam eksperimen.

Klub Sains menyajikan pembelajaran eksplorasi sains melalui metode eksperimen dan storytelling. Siswa nantinya akan diajak membuat eksperimen dengan bahan-bahan sederhana, berimajinasi, dan bertanya. Eksperimen sains juga mengajak siswa untuk memahami fenomena-fenomena alam yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seperti cahaya, warna, waktu, matahari, angin, cuaca, dan sebagainya.

Art & Craft

Art & Craft diberikan kepada siswa dalam rangka menumbuhkan rasa estetika yang tepat untuk membentuk sikap kreatif, dan kritis. Art & Craft memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapatkan pengalaman dalam melatih keterampilan motorik halus mereka. 

Art & Craft dirancang untuk memberi wadah bagi siswa mengembangkan minat seni berupa menggambar, melukis, merangkai, dan menyusun benda-benda sehingga terlihat apik dan indah. Selain itu, melalui kegiatan Art & Craft, anak juga dapat menumbuhkan daya kreativitas mereka dalam mengeksplorasi hal yang sedang dipelajari.

Pada akhir Add-On ini, siswa diharapkan memiliki pengembangan motorik kasar dan halus. Siswa juga diharapkan untuk menguasai konsep dasar dari ilmu pengetahuan yang dipelajari melalui berbagai jenis kegiatan yang menyenangkan dan dapat mengembangkan berbagai potensi, sikap, dan keterampilan.

English Club

Bahasa Inggris menjadi salah satu kebutuhan utama agar anak dapat berkompetisi di era globalisasi. English Club dirancang untuk dapat menumbuhkan minat anak terhadap Bahasa Inggris melalui pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. 

Pembelajaran English Club akan berfokus pada keterampilan percakapan Bahasa Inggris, dengan penekanan pada word bank vocabularies, family words, dan keterampilan pemahaman serta penggunaan bahasa sehari-hari. Pembelajaran ini juga bertujuan untuk mengembangkan pengucapan, kosa kata, akurasi, komunikasi, interaksi, dan kefasihan dalam berbahasa Inggris.

Pada akhir dari Add-On di blended learning Alta School ini, siswa diharapkan dapat memperkaya kosa kata, baik secara lisan maupun tertulis, serta dapat menumbuhkan kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.

Literasi dan Numerasi

Literasi dan Numerasi (Calistung) adalah program pengayaan untuk siswa TK dan kelas 1 yang dirancang untuk mempersiapkan siswa yang masih membutuhkan lebih banyak latihan dalam pelajarannya di kelas. 

Pada akhir Add-On ini, siswa diharapkan lebih siap dan memiliki dasar yang kuat dalam pemahaman konsep Literasi dan Numerasi. Konsep pembelajaran Literasi dan Numerasi ini disampaikan melalui konsep bercerita dan permainan yang menarik.

Dari kelima kategori tersebut, Bunda dapat memilih kelas yang paling sesuai dengan minat dan bakat si kecil di rumah. Jadi, tidak perlu khawatir kualitas pendidikan anak akan menurun selama pandemi karena kini, sudah ada blended learning Alta School yang bisa menjadi solusi dari kekhawatiran Bunda. Menarik sekali, bukan? Yuk, daftarkan si kecil sekarang!

Related Posts