pengertian teks fabel

Belajar tentang Teks Fabel Bahasa Indonesia

Dalam artikel ini, kita akan sama-sama mempelajari tentang teks fabel mulai dari pengertian hingga contohnya. Seperti apa penjelasan selengkapnya? Simak dalam artikel berikut ini.

Ketika kita kecil, kita sering sekali dibacakan cerita oleh orang tua kita. Tentang Si Kancil, Kelinci dan Kura-kura, dan berbagai cerita lainnya. Dua cerita yang disebutkan sebelumnya mungkin membuat kita bertanya-tanya, mengapa tokoh di dalamnya berupa hewan, sedangkan cerita lainnya yang sering kita dengarkan tokohnya adalah manusia? Hal tersebut dikarenakan cerita tentang Si Kancil dan Kura-kura dan Monyet adalah fabel.

Pengertian Teks Fabel

Menurut Encyclopaedia Britannica, kata fabel berasal dari bahasa Latin fabula, yang memiliki arti yang serupa dengan mitos dalam bahasa Yunani. Fabel adalah bentuk narasi, yang menampilkan hewan yang berperilaku dan berbicara seperti manusia. Fabel menyampaikan pelajaran moral dan seringkali disampaikan secara tersurat di bagian akhir.

Sedangkan menurut KBBI, fabel adalah cerita yang menggambarkan watak dan budi manusia yang pelakunya diperankan binatang, berisi pendidikan moral dan budi pekerti. Jika disimpulkan, fabel adalah cerita fiksi berupa dongeng yang menggambarkan budi pekerti manusia yang diibaratkan pada binatang. Tokoh utama fabel adalah hewan jinak dan hewan yang liar.

Baca Juga

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Pantun

Ciri Teks Fabel

Fabel memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Tokohnya binatang
  2. Watak tokoh seperti manusia
  3. Konflik cerita fabel diambil dari kejadian sehari-hari yang dialami manusia
  4. Terdapat latar tempat, latar waktu dan latar suasana
  5. Memiliki amanat
  6. Berupa cerita fiksi
  7. Biasanya memiliki latar tempat alam, seperti hutan, sungai, kolam dan sebagainya
  8. Memiliki rangkaian peristiwa yang menunjukkan kejadian sebab-akibat, yang diurutkan dari awal cerita sampai akhir.
  9. Ciri bahasa fabel biasanya menggunakan kalimat naratif, kalimat langsung dan bahasa percakapan.

Struktur Teks Fabel

Fabel memiliki struktur sebagai berikut:

Orientasi

Orientasi adalah bagian permulaan pada fabel yang menceritakan pengenalan tokoh, pengenalan latar tempat dan waktu, pengenalan background atau tema, dan pengenalan lainnya.

Komplikasi

Setiap cerita memiliki masalah yang dihadapi tokoh, tak terkecuali fabel. Dalam fabel, masalah tersebut terdapat pada komplikasi atau klimaks pada sebuah cerita.

Resolusi

Resolusi merupakan bagian dari teks yang menceritakan bagaimana tokoh-tokoh dalam fabel memecahkan masalah yang dialami oleh mereka.

Koda

Koda merupakan bagian terakhir pada cerita yang berisi pesan-pesan atau amanat yang diberikan kepada pembaca.

Contoh Teks Fabel

Berikut merupakan contoh teks fabel:

Kelinci dan Kura-kura

Orientasi

Sebuah hutan kecil di pinggiran desa menjadi tempat tinggal dari sekelompok binatang. Di hutan tersebut sana ada seekor kelinci yang amat sombong dan suka mengejek binatang lain. Suatu hari, si kelinci sombong bertemu kura-kura di jalan, dan si kelinci pun berkata “Hei, kura-kura jalanmu lambat sekali! tak secepat aku,” ejek kelinci.

“Memang jalanku lambat, tapi yang penting tetap selamat. Daripada cepat tapi jatuh dan terluka,” jawab Kura-kura. 

Kelinci tak terima dengan perkataan Kura-kura. “Oke kalau begitu! bagaimana kalau kita adu lari saja, kalau kau menang, aku beri hadiah apapun yang kau minta,” tantang Kelinci yang angkuh. 

“Mana mungkin aku mau beradu lari denganmu. Kamu, kan sangat cepat sedang aku hanya bisa jalan pelan,” jawab Kura-kura tahu diri. 

“Harus mau! Kamu tidak boleh menolak tantangan dariku. Besok pagi aku tunggu kamu di bawah beringin. Aku akan meminta Serigala untuk menjadi wasit,” ujar kelinci.

 Kura-kura hanya bisa terdiam sambil berkata, “Apa mungkin aku bisa mengalahkan si Kelinci?”

Keesokan harinya kelinci sudah menunggu di bawah pohon beringin. Serigala sudah datang untuk menjadi wasit dan binatang-binatang lain hadir untuk menyaksikan perlombaan tersebut. Setelah Kura-kura datang, Serigala berkata, “Peraturannya begini. Kalian balapan lari dimulai dari sini, dan siapa yang sampai ke pohon yang di sebelah sana, maka dialah pemenangnya,” semua yang hadir pun ngangguk-ngangguk. “Semuanya bersiap… satu … dua … tiga … lari!” kata Serigala memberikan sebuah aba-aba.

Komplikasi

Kelinci langsung berlari sekencang mungkin mendahului Kura-kura. Sementara itu kura-kura berjalan dengan sangat lambat. “Ayo Kura-kura, lari dong jangan cuma jalan…..!” teriak Kelinci dari kejauhan sambil meledek Kura-kura. “Kamu lama sekali Kura-kura, kalau begitu aku tunggu di sini ya…,” ledek Kelinci. Ia pun duduk-duduk di bawah pohon sambil bernyanyi, dan meledek Kura-kura yang kesulitan berjalan. Karena hembusan angin yang amat sejuk, tanpa disadari ia tertidur.

Reorientasi

Kura-kura yang melihat Kelinci tertidur diam-diam terus melangkah hingga mendekati garis finish. Tepat saat Kura-kura hampir menginjak garis finish, Kelinci terbangun dan dengan sekuat tenaga ia berlari mengejar Kura-kura. Namun semuanya sudah terlambat. Kaki Kura-kura telah menyentuh garis finis dan Serigala telah mengibarkan bendera finis saat Kelinci masih berlari. Kura-kura jadi pemenang dan si Kelinci sombong terdiam membisu.

Koda

“Nah, sekarang siapa yang menang?” tanya Kura-kura pada Kelinci. 

“Ya, kamulah yang menang,” jawab Kelinci bengong. 

“Masih ingat janjimu kan? Kalau aku menang, aku boleh minta hadiah apa pun” Kura-kura mengingatkan. 

“Ya, … Tentukan saja hadiah yang kau mau,” jawab Kelinci dengan jantung yang berdegup kencang. 

“Aku hanya minta satu hadiah dari kamu. Mulai sekarang kamu tidak boleh sombong. dan harus menghargai semua binatang di sini.” pinta Kura-kura. 

“Hanya itu?!” Kelinci terkejut. 

“Ya, itu saja.” Kata Kura-kura mantap. 

“Baik, aku berjanji tidak akan sombong lagi, aku juga akan menghargai semua binatang di sini, dan juga aku minta maaf atas sifat sombongku,” ucap Kelinci disaksikan semua binatang.

Nah itu tadi materi singkat tentang teks fabel yang mencakup pengertian, ciri, struktur dan contoh. Gimana menurut kalian? Kalau semisal kurang jelas, kamu bisa banget nih belajar lebih seru di aplikasi Ruangguru. Ada diskon gede lho dengan pakai kode diskon MAUTIDUR. Langganan sekarang dan dapatkan diskonnya.

kode diskon ruangguru terbaru

Sumber:

Artikel Blog Ruangguru

Related Posts