Rumus Luas Lingkaran

    MATAOKER – Kamu sedang mencari cara untuk mencari ruas rumus lingkaran? kamu bisa menemukan cara-caranya dengan membaca artikel ini. Pelajaran Matematika memang membawamu ke bab pelajaran bangun datar. Lingkaran menjadi salah satu bangun datar yang memiliki banyak sekali bagian dalam pengerjaan soalnya.

    Sebuah bangun datar lingkaran memiliki luas, sehingga, kamu bisa mencari luas dari suatu lingkaran. Maka, cara menghitung luas lingkaran menjadi salah satu soal bahasan terpenting dalam bab bangun datar lingkaran. Tapi,ada beberapa hal yang harus kamu ingat, salah satunya adalah pi yang memiliki nilai konstanta.

    Kamu dapat menggunakan beberapa rumus berikut ini untuk mengetahui luas lingkaran.

    Pengertian Lingkaran

    Lingkaran adalah jenis bangun datar yang memiliki satu sisi lengkung serta membentuk sudut 360 derajat. Lingkaran memiliki jarak yang sama, antara sisi luar lingkarannya dengan titik pusat lingkaran dengan sebutan jari-jari. Jari-jari memiliki ukuran yang sama persis dengan setengah dari diameter pada suatu lingkaran.

    Rumus Luas

    Kamu bisa menggunakan rumus luas dengan beberapa cara. Kamu bisa mencari luas lingkaran dengan menggunakan jari-jari lingkaran. Akan tetapi, kamu juga bisa mencari luas lingkaran dengan memanfaatkan diameter lingkaran, keliling hingga luasnya.

    Berikut ini adalah penjelasan lengkap yang bisa kamu gunakan untuk mencari luas suatu lingkaran.

    ""

    Rumus tersebut harus disbustitusikan dengan menggunakan r=1/2d ke dalam rumus lingkaran agar menghasilkan rumus L= phi r² = phi (1/2d)² = 1/4phi d². Dengan begitu, cara menghitung luas lingkaran dapat dilakukan dengan menggunakan diameter melalui rumus dasar K = ph L=1/4 phi d².

    Melalui Keliling Lingkaran

    Kamu dapat menggunakan keliling lingkaran dalam menghitung luas sebuah bangun lingkaran. Caranya, yakni dengan menentukan panjang jari-jari lingkaran terlebih dahulu. Panjang dari jari-jari ditentukan dengan rumus keliling lingkaran K = phi x d = 2 x phi x r, agar r = K/2 xphi.

    Melalui Luas Juring

    Kamu bisa menghitung rumus luas lingkaran dengan menggunakan luas juring. Bagian juring dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur lingkaran. Bila sudut pusat juring sudah diketahui besarnya, maka rumus Luas juring = alpha/ 3600 x L dapat digunakan untuk menghitung luas lingkaran.