Rumus Volume Tabung

    MATAOKER – Kamu sedang berfikir bagaimana cara yang paling tepat untuk memahami rumus volume tabung. Lalu kamu menemukan artikel yang sedang kamu baca, jadi, kamu sudah berhasil mendapatkan solusi yang jitu.

    Tabung memiliki batasan berupa dua sisi berbentuk lingkaran dan satu sisi yang berbentuk bidang lengkung. Sisi yang berbentuk bidang lengkung itu merupakan selimut tabung dengan dua rusuk lengkung tanpa memiliki titik sudut.

    Selanjutnya, Tabung memiliki volume yang menunjukkan kapasitas yang dapat menampung suatu bahan dalam sebuah tabung. Kamu pun dapat menghitung volume tabung dengan tujuan untuk mengetahui jari-jari dan tinggi tabung dengan rumus berikut.

    Rumus Volume Tabung

    Kamu harus mengingat rumus ini ;

    V = π x r x r x t

    Setelah kamu memahami dan menghafal rumus tersebut, selanjutnya ada beberapa simbol dalam yang harus kamu pahami.

    • V merupakan simbol yang mewakili volume tabung (m³).
    • π merupakan simbol yang memiliki nilai sebesar 3,14 atau 22/7.
    • r merupakan lambang yang mewakili dari jari-jari tabung (m).
    • t merupakan simbol yang mewakili keberadaan tinggi tabung (m).

    Pertama, kamu harus memahami arti dari setiap simbol yang ada dalam rumus mencari volume tabung. Sehingga, ketika kamu sedang mengerjakan soal tentang mencari volume tabung, kamu tidak akan kebingungan memahami berbagai simbol yang ada dalam rumus mencari tabung.

    Contoh Soal

    Setelah kamu berhasil memahami berbagai simbol dan kegunaannya dalam rumus. Kamu harus melatih pemahamanmu dengan cara rutin mengerjakan berbagai soal yang berkaitan dengan volume tabung.

    Contohnya, kamu bisa membaca soal berikut ini.

    "<yoastmark

    Kamu memiliki sebuah benda berbentuk tabung, kemudian kamu ingin menggunakan benda berbentuk tabung itu untuk mengambil air. Benda berbentuk tabung itu memiliki diameter sepanjang 14 cm dan tinggi 28 cm. Selanjutnya, berapakah volume benda tabung yang kamu miliki tersebut?

    Jawaban dan cara menghitungnya menggunakan rumus yang sudah kamu pahami diatas.

    d: 14 cm | r = 1/2 d

    r = 1/2 14

    r = 7 cm

    t: 28 cm

    Rumus = π x r x r x t

    Cara penghitungan = 22/7 x 7 cm x 7 cm x 28 cm

    Volume tabung = 4.312 cm3.

    Ketika kamu menghitung volume sebuah tabung, kamu membutuhkan luas alas dan juga tinggi tabung. Soal tersebut menerangkan bahwa Tabung memiliki diameter 14 cm, tanpa ada yang menyebutkan berapa jari-jari pada tabung.

    Oleh karena itu, kamu wajib mengingat bahwa jari-jari tabung memiliki ukuran setengah dari total diameter tabung. Sehingga, apabila Tabung tersebut memiliki diameter sebesar 14 cm, maka jari-jari tabung tersebut sebesar 7 cm. Berikutnya, kamu sudah bisa menghitung sendiri berapa volume tabung dalam soal tersebut dengan mengikuti rumus yang ada

    Begitulah ulasan mengenai cara cepat untuk memahami bagaimana cara kerja rumus volume tabung. Semoga membantu proses belajarmu.