produksi

    Hallo guys gimana kabar? Aman? Kali ini kita bakal bahas tentang sesuatu yang setiap hari kalian lakukan. Produksi. Mau tau kan penjelasan lebih lengkap terkait hal tersebut? Makanya baca artikel ini sampai selesai ya.

    Pengertian Produksi

    Jadi yang bakal kita bahas yaitu soal produksi, nah udah familiar dong pastinya. Jadi produksi adalah sebuah proses dalam kegiatan ekonomi yang tujuannya untuk ngebuat, ngehasilin, dan nyiptain suatu barang ataupun jasa. Namun, kalo diliat-liat secara teknis pelaksanaannya, produksi merupakan proses pengolahan atau pembuatan suatu produk yang disebut sebagai barang dan jasa, atau bisa kita sebut juga sebagai input dan juga output. 

    Sedangkan bila dikutip dari situs resmi Kemendikbud, produksi itu bisa diartiin jadi suatu usaha yang dilakuin manusia untuk nyiptain atau nambah nilai guna dari suatu barang ataupun jasa. Hal itu dilakukan agar barang dan jasa yang diciptain dari hasil produksi bakal ngasih manfaat yang bisa memudahkan kebutuhan hidup manusia. 

    Ciri Kegiatan Produksi

    Adapun ciri kegiatan produksi yang sering kita lihat nih adalah sebagaimana berikut: 

    • Ngasilin sebuah barang ataupun jasa, seperti barang mentah, barang jadi, ataupun barang setengah jadi.
    • Ningkatin nilai guna barang, ketika seseorang beli barang hasil produksi, maka nilai gunanya akan meningkat.
    • Ningkatin nilai jual barang ataupun jasa.

    Faktor Produksi 

    Tapi ada nih beberapa faktor yang nyebabin terjadinya produksi adalah sebagai berikut:

    • Faktor produksi asli, Kayak modal awal ataupun bahan dasar, seperti sumber daya alam dan juga sumber daya manusia.
    • Faktor produksi turunan, terdiri dari modal dari segala alat produksi yang dipake buat  nunjang terlaksananya proses kegiatan produksi hingga selesai. Selain itu, ada lagi nih faktor produksi turunan lainnya, yakni talenta kewirausahaan yang memungkinkan para pelaku produksi punya kemampuan lebih dalam hal ngelola dan memanajemen setiap faktor produksi, sehingga mampu mencapai efektifitas dan efisiensi kegiatan produksi yang baik. 

    Contoh Kegiatan Produksi 

    Contoh kegiatan produksi nih baik barang ataupun jasa dapat dilakukan pada berbagai bidang dan kegiatan kehidupan manusia. Berikut ini beberapa contoh kegiatan produksi di setiap bidang kehidupan kita nih.

    Bidang Perdagangan. 

    • Produk mi yang dijual di warung,
    • Pakan burung yang dijual di kios burung,
    • Sayur dan buah buahan yang dijual di supermarket,
    • Bahan kimia yang dijual di toko pertanian.

    Bidang Industri

    • Mengolah bahan kayu mentah menjadi sebuah furnitur,
    • Perusahaan yang memproduksi tas kulit,
    • Pabrikan yang memproduksi kain menjadi baju, 
    •  Restoran cepat saji yang mengolah bahan menjadi makanan siap saji,
    •  Pabrikan yang merakit bagian kendaraan bermotor menjadi sepeda motor.

    Bidang Jasa

    • Rumah sakit yang menyediakan dokter untuk pasien berobat,
    • Perusahaan perbankan yang menyediakan pegawai untuk membantu proses keuangan,
    • Sekolah menyediakan jasa guru untuk mendidik siswa-siswinya,
    • Seorang wirausahawan yang membuka tempat jasa cukur rambut,
    • Seorang pemuda yang membuka jasa desain grafis,
    • Seorang lulusan sarjana Arsitek yang membuka jasa arsitektur.

    Nah itu dia tuh penjelasan tentang apa sih definisi produksi serta ciri dan faktor yang berpengaruh buat kegiatan produksi.  Kalian udah tau nih sekarang apa yang termasuk kegiatan produksi mana yang bukan. Kalian bisa jadi pengusaha loh kalo bisa ngerti tata cara produksi yang baik dan benar. Semoga bermanfaat yaa buat kalian semua, bye!