meteorologi

    Haloo temen-temen semua gimana kabarnya ini? Udah tau apa itu metorologi? Nah kalo belon kita ada informasi nih buat kalian dari pada suntuk dirumah yaa kan. Jadi topik hari ini adalah suatu ilmu tentang atmosfer nih apaa yaa kiraa-kiraa? Langsung aja kali yaa.

    Pengertian Meteorologi

    Jadi ilmu yang akan kita omongin itu namanya Meteorologi, yang merupakan ilmu interdisipliner yang ngebahas dan melajarin soal atmosfer yang ruang lingkupnya meliputi suhu, udara, cuaca, angin, serta berbagai seluk beluk atmosfer yang ada hubungannya sama ilmu fisika maupun kimia untuk kebutuhan akan prakiraan cuaca. Nah kalo katanya Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Meteorologi adalah cabang ilmu geografi yang melajarin soal ciri fisik dan kimia atmosfer untuk ngeramal keadaan cuaca secara khusus di suatu daerah dan secara umum di seluruh dunia. 

    Kalo masih bingung kita singkat nih jadi Meteorologi itu adalah ilmu geografi yang melajarin proses fisis beserta gejala cuaca yang terjadi pada suatu lapisan atmosfer, kayak Troposfer untuk mrediksi keadaan cuaca di suatu wilayah secara khusus dan secara umum. Jadi misalnya kalian mau ngadain resepsi nikahan liat dulu tuh prakiraan cuaca biar di sarang secara alami hehehe.

    Ruang Lingkup Meteorologi

    Ternyata bahasan Meteorologi ada beberapa pokok loh, jadi ruang lingkup meteorologi adalah macam-macam ilmu meteorologi yang lingkup bahasannya dibagi jadi beberapa pokok bahasan. Berikut ini ulasan selengkapnya: 

    1. Ilmu Meteorologi Fisik

    Kalo untuk ruang lingkup yang satu ini tuh ngebahas soal struktur beserta komposisi yang ada di atmosfer, pemindahan radiasi elektromagnetik, sama akustik dalam atmosfer. Nggak cuman itu loo, ilmu ini juga ngebahas proses fisik yang terjadi pada terbentuknya awan, listrik di atmosfer beserta fenomena lain yang ada kaitannya sama kontek keilmuan fisika dan kimia juga dibahas sebagai bagian dalam ruang lingkup ilmu meteorologi fisik. 

    1. Ilmu Meteorologi Dinamik

    Terus ilmu yang kedua tuh namanya Ilmu Meteorologi Dinamik,dimana ruang lingkup ilmu Meteorologi yang fokus bahasannya terletak pada gejala yang terjadi pada atmosfer, tapi itu dari segi konteks kedinamisannya. Ilmu meteorologi dinamik makek pendekatan analisis yang didasarin sama prinsip yang terampuh dalam dinamika fluida untuk ngebahas berbagai gejala yang terjadi pada atmosfer. 

    1. Ilmu Meteorologi Sinoptik

    Ilmu Meteorologi Sinoptik adalah ruang lingkup meteorologi yang ngebahas gejala atmosfer secara deskriptif, nganalisis peta cuaca, dan mrediksi gerakan atmosfer untuk keperluan prakiraan cuaca. 

    1. Ilmu Meteorologi Terapan

    Nah ini yang terakhir namanya Ilmu Meteorologi Terapan, merupakan ruang lingkup meteorologi yang ngebahas soal aplikasi meteorologi (nggak ada di playstore) berdasarkan pemanfaatan data ramalan cuaca, dan dianalisis pake macem-macem bidang ilmu, kayak Meteorologi Satelit dan juga Biometeorologi.

    Manfaat Meteorologi dalam Kehidupan

    Wah ilmu ini juga punya manfaat loh buat kita nih, jadi manfaat Meteorologi dalam kehidupan tuh adalah hal yang sangat nyata dan bisa kita terapin. Berikut ini bakal dipaparin soal manfaatnya pada kehidupan manusia. 

    1. Ningkatin sikap kewaspadaan manusia terhadap segala resiko dan kemungkinan yang bisa terjadi akibat dari kondisi cuaca yang ekstrim, kayak resiko akan terjadinya bencana banjir, angin kencang, hingga badai salju. Jadi ilmu ini bisa juga buat tindakan pencegahan bencana alam loh. 
    2. Ngebuat manusia berusaha buat beradaptasi dan nyesuaiin diri dalam beraktifitas dengan kondisi iklim agar terhindar dari segala resiko yang bisa ditimbulkan. 
    3. Ngebantu manusia dalam bidang pertanian, kayak manfaatin prakiraan dan ramalan cuaca untuk menjadi acuan buat nentuin pola dan sistem perencanaan kegiatan bercocok tanamnya biar lebih maknyus hasilnya, jadi terhindar dari resiko gagal panen nih.

    Udah pada paham kan yaa apa itu meteorologi? jadi nanti kalo ditanya guru disekolah kalian bisa jawab nih. Memang semua yang berkaitan sama luar angkasa menarik untuk dibahas yaa. Sekian dulu yaa semoga informasi ini bermanfaat buat kalian, sampai jumpa lagi!